Unifa Akan Hentikan Konser Musik di Kampus
Unifa Akan Hentikan Konser Musik di Kampus

By KertasOnline 11 Nov 2019, 22:39:30 WIB Kampus

KERTASONLINE.COM---- Pihak birokrasi angkat bicara terkait peraturan pelarangan konser musik di Universitas Fajar (Unifa).


Konser musik yang dimaksud adalah  event tahunan yang diadakan oleh beberapa Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan mengundang band serta musisi ternama sebagai bintang tamu di malam puncak kegiatan.

Baca Lainnya :


“Sebenarnya ini aturan sudah ada, sudah ada aturan-aturannya kita ini di tingkat universitas, ada kemarin itu tertulis di situ, kalo nda salah ya, dilarang musik kampus di malam hari,” ujar Deputi Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mujahid ketika ditemui di Ruangannya.


Lebih lanjut, Mujahid mengungkapkan, Beberapa warga yang bermukim di sekitar kampus, pernah melayangkan protes terkait suara bising dari sound system, dan dianggap mengganggu jam istirahat masyarakat. “Warga itu sudah pernah komplain langsung ke pak Rektor,” ungkapnya.


Ia menambahkan, konser musik tersebut juga rawan dengan tawuran, dan berpotensi merusak fasilitas kampus.


“Ini kan tamu dari luar yang masuk kalau malam. Kita tidak minta-minta, mungkin ada yang mabuk, mungkin ada menggunakan sesuatu yang bisa [membuat] mereka lepas kendali. Kalau itu terjadi, fasilitas bisa rusak,” tambahnya.


Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Agung Wicaksono, menyarankan agar kegiatan-kegiatan yang diadakan nantinya lebih mengedepankan edukasi dibanding hiburan.


“Semisal kayak lebih mengutamakan edukasinya dibanding entertainnya, itu bisa saja dikemas dalam bentuk begitu tapi tidak untuk menghilangkan [konser musik],” katanya.


Lebih jauh, Agung, mengatakan, jika acara musik dilarang, sama halnya menghilangkan identitas Unifa yang selama ini dikenal sebagai kampus event.


“Sebenarnya secara tidak langsung kalau kita menghilangkan <em>event</em> ini sama halnya kita menghilangkan tradisi yang ada di dalam, karena itu salah satu tradisi setiap-setiap lembaga untuk mengadakan event-event musik begitu yang sebagai puncaknya,” tuturnya.


Hal senada juga diungkapkan oleh Manajer Kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Unifa, Alfonsius Wiren. Kata dia,event musik yang menjadikan, nama Unifa lebih dikenal oleh masyarakat.


“Yang pertama itu sebenarnya kalau ada acara begitu, itu yang bikin naik nama kampus, di situ otomatis orang-orang [berpikir], kampus Unifa banyak eventnya dan itu akan tertarik ki,” sebutnya.


Kericuhan penonton memang pernah terjadi saat pelaksanaan kegiatan Face Of Management pada bulan Juli lalu. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Staff Kesekretariatan HMM Unifa, Rifki Ananta menyarankan, agar diadakan pertemuan dengan warga sekitar dan pihak yang terkait.


“Adakan pertemuan kayak RT/RW bicara baik-baik begitu, kayak kesepakatan, seumpama jam segini harus selesai dan [keamanan] harus diperketat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.


Editor: Fitriani




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment