Program MBKM, Alternatif Mahasiswa di Masa Pandemi
Program MBKM, Alternatif Mahasiswa di Masa Pandemi

By KertasOnline 21 Feb 2021, 11:11:26 WIB Kampus
Program MBKM, Alternatif Mahasiswa di Masa Pandemi

KERTASONLINE.COM - Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan dengan cara :


1. Mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar.

Baca Lainnya :

2. Mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.


Rektor Universitas Fajar, Mulyadi Hamid saat ditemui di ruangannya mengungkapkan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang sangat baik dikarenakan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih, sesuai dengan minat dan bakat mereka.


"Program MBKM itu luar biasa, betul-betul sudah memberi anak-anak kesempatan untuk bisa memilih kira-kira passion mereka dimana, cuman memang baru delapan jenis kegiatan," ungkapnya.


Beliau juga mengatakan MBKM dapat di programkan bagi mahasiswa semester 5, 6 dan 7, sementara untuk mahasiswa semester 8 sudah harus di kampus untuk menyelesaikan skripsi.


"Jadi semester 5, 6, dan 7 itu sudah bisa ambil MBKM, semester delapan itu harus di kampus untuk menyelesaikan skripsi. Jadi, empat semester saja sebenarnya nanti itu kuliahnya mempelajari mata kuliah inti program studi," katanya.


Selain itu, ia juga mengatakan ada delapan jenis kegiatan MBKM yang dapat dipilih.


1. Penelitian/Riset

2. Pertukaran Pelajar

3. Magang

4. Mengajar di Sekolah

5. Wirausaha

6. Proyek Kemanusiaan

7. Proyek di desa

8. Studi/Proyek Independen









"Nah, mahasiswa bisa memilih salah satu dari delapan jenis kegiatan MBKM, jika seluruh indikator yang telah ditentukan itu tercapai dan telah melaksanakannya selama 4-6 bulan, maka akan diberikan 24 SKS dengan nilai A," tutupnya. (asd/*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment