Sinopsis: Athirah

0
515

“Athirah”, adalah film ke-16 hasil kerjasama Riri Riza dan Mira Lesmana. Duo sutradara-produser ini kembali berkolaborasi setelah sukses dengan Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.  Film terbaru asal Indonesia ini diadaptasi dari sebuah novel yang judulnya sama, karya Alberthiene Endah.

Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan perjalanan hidup dari seorang perempuan parubaya yang tidak lain adalah Ibunda dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Menggambarkan beliau yang selalu mampu mengatasi berbagai masalah kehidupan dengan pantang menyerah dan selalu berpikir positif.

Film yang digarap sejak 21 Mei 2015 ini melalui proses syuting di beberapa tempat di Makassar, Kabupaten Sengkan, Wajo, dan Kota Parepare.

Film ini dibintangi oleh Cut Mini (sebagai Athirah) dan Christoffer Nelwan (sebagai Jusuf Kalla), serta beberapa aktor dan aktris lainnya seperti Jajang C Noer, Indah Permatasari, Tika Bravani, dan Arman Dewarti.

Sinopsis Film “Athirah” (2016)

Di adegan pembuka, film ini menggambarkan kondisi rumah dan keluarga yang nyaris sempurna. Di awal pernikahan, Athirah (Cut Mini) dan sang suami, Puang Ajji (Arman Dewarti), harus pindah dari Bone menuju Makassar.

Karena kegigihannya dan sang suami, mereka membangun bisnis keluarga dari nol hingga sukses di Makassar. Keluarga yang harmonis ini kerap menghabiskan waktu berdiskusi bersama di meja makan dengan hidangan khas Sulawesi Selatan.

Hadirnya orang ke tiga menjadi mula dari persoalan rumah tangga mereka. Puang Ajji mulai melirik ‘wanita lain’. Konflik demi konflik mulai menggerogoti keluarga ini dan membuat mereka menjadi bahan pergunjingan banyak orang.

Anak-anaknya pun kena imbas perbuatan ayahnya. Athirah mulai gamang dan risau, dilema antara ingin pergi dari suami atau tidak. Dan ini membuat anaknya yang bernama Uccu (sapaan akrab JK sewaktu kecil) jengkel.

Dalam film ini juga menceritakan singkat masa remaja JK, khususnya kisah cintanya dengan Mufida (Indah Permata Sari). Tidak gampang Uccu mendapat perhatian Ida karena latar belakang sang ayah yang telah menikah dengan perempuan lain. Tapi seiring waktu Ida pun mulai jatuh cinta pada Uccu ketika beranjak dewasa.

Singkat cerita, akhirnya Athirah yakin untuk meninggalkan Puang Ajji dan melanjutkan hidupnya bersama kelima anaknya. Athirah mendapat ide untuk berjualan sarung dari diskusinya dengan ibunya, Mak Merah (Jajang C. Noer). Mak merah bertutur bahwa dahulu dirinya pun adalah istri ke empat ayah Athirah.

Athirah memulai hidup baru dan sukses berdagang sarung khas Bugis-Makassar. Bahkan dengan kesuksesannya itu dia bisa membantu suaminya yang pailit karena krisis ekonomi. Kegigihan Athirah menyelamatkan seluruh keluarganya.

Film yang notabenenya berasal dari Sulawesi Selatan ini akan segera tayang pada Kamis, 29 September 2016. Meski baru akan tayang, sudah dipastikan akan tayang di beberapa Festival Film Internasional.

Nampaknya film ini tidak hanya akan sukses di dunia perfilman Indonesia saja, karena gaungnya sudah terdengar oleh programmer-programmer festival film internasional. Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, dikutip dari pernyataan Mira Lesmana, setelah di Indonesia, film ini akan tayang pada Vancouver International Film Festival di awal Oktober, Busan International Film Festival dan di Tokyo International Film Festival.

Detail and Cast Film Athirah (2016)

Judul: Athirah
Genre: Drama
Sutradara: Riri Riza
Produser: Mira Lesmana
Rumah Produksi: Miles Film
Tanggal Rilis: 29 September 2016 (Indonesia)
Negara: Indonesia
Bahasa: Indonesia
Pemain: Cut Mini, Christoffer Nelwan, Indah Permatasari, Tika Bravani, Jajang C Noer, Arman Dewarti

Sumber: www.rappler.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here