Resensi: Pintar Menulis Cerpen Dalam Sepekan

0
676

Judul : Pintar Menulis Cerpen Dalam Sepekan
Penulis : Haderi Ideris
Penerbit : Dreamedia (Banjarmasin)
Tahun terbit: Agustus 2013, cetakan ke-1
Halaman : 110

Untuk bisa menulis cerpen apalagi bagi pemula jangan terlalu memusingkan apa itu tema, judul, perlukah membuat kerangka cerita dan sebagainya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis, yah tulis saja jangan terlalu memikirkan itu semua.  Dengan menulis jauh lebih bagus dari pada tidak menulis sama sekali karena memikirkan hal-hal tersebut. Menulis, nyata hasilnya berupa tulisan. Nah dari tulisan itu kita bisa belajar. Kalau belum bagus, menulis lagi yang lebih bagus, dengan giat berlatih pasti akan menghasilkan tulisan yang lebih bagus. Nantinya seiring dengan berjalannya waktu kita akan tahu apa yang dimaksud dengan tema, apakah sama tema dengan judul, bagaimana membuat kerangka cerita dan lain sebagainya. Apabila kita tidak menulis karena takut salah atau jelek maka apa yang bisa diperbaiki ?.

Sekilas Tentang Penulis

Haderi Ideris adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang lahir di Amuntai, 15 Agustus 1973. Tulisannya baik artikel maupun cerpen banyak di muat di harian Banjarmasin Post dan majalah Cahaya Nabawy. Beberapa karyanya yang telah diterbitkan dalam bentuk buku antara lain: Mudah Menulis Cerpen (2011), Sekarang Saatnya Belajar Menulis dengan Menulis (2011), Percaya Menulis itu Mudah (2012), Ekspresi Cinta untuk SBY(2012) dan masih banyak lagi karya yang lainnya. Tahun 2012 beliau bergabung di GPM (Grup Persahabatan Menulis).

Isi Buku

Nah, dalam buku pintar menulis cerpen dalam sepekan ini mengajarkan kita, bagaimana bisa menghasilkan karya berupa cerpen hanya dalam kurung waktu tujuh hari. Di dalam buku ini juga membahas bahwa siapa pun bisa menjadi seorang penulis tidak tergantung akan bakat, usia, jenjang pendidikan maupun fasilitas hebat yang ada. Bakat memang penting tapi suatu bakat apabila tidak dilatih akan kalah oleh kemauan dan kerja keras.

Waktu tujuh hari yang dimaksud dalam buku ini, bisa saja berubah menjadi sebulan, tujuh bulan, atau bahkan tujuh tahun tergantung dari kemauan anda untuk mempelajarinya.

Buku ini terbagi menjadi tujuh (hari) bagian yaitu:

  1. Ubah pola pikir anda
  2. Cara jitu mendobrak pintu kesulitan menulis
  3. Baca cerpen sebanyak-banyaknya
  4. Bedah & ceritakan kembali cerpen yang anda baca
  5. Mulailah berkarya
  6. Publikasikan cerpen karya anda
  7. Teruslah berkarya

Selain berisi tips serta langkah-langkah untuk dapat menghasilkan karya (cerpen), di dalam buku ini juga tercantum beberapa alamat media yang apabila kita ingin mencoba untuk mempublish tulisan yang telah kita buat.

Dengan adanya beberapa contoh cerpen di dalam buku pintar menulis cerpen dalam sepekan ini membuat saya sebagai pembaca mudah dalam memahami maksud pengarang, bahasa yang digunakan juga mudah dipahami akan tetapi di beberapa bagian pengarang banyak mengulang kalimat yang sudah dijelaskan sebelumnya yang menurut saya itu teralu bertele-tele tetapi secara keseluruhan buku ini menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin belajar menulis cerpen.

Penulis: Asmaul Husna

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here