Pulau Lanjukang Gugusan Tersembunyi Kepulauan Spermonde

0
370
Ilustrasi. (Sumber Foto : google.com)

KERTASONLINE.COM – Pulau lanjukang merupakan pulau terluar yang terletak di wilayah Kota Makassar, Kecamatan Ujung Tanah, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pulau tersembunyi dalam gugusan kepulauan spermonde ini berjarak 40 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam lamanya menggunakan perahu dari dermaga Popsa maupun Paotere.

Luas pulau yang mencapai 6 hektare (ha) itu juga memiliki rataan terumbu karang seluas 11 ha sehingga membuat tempat tersebut menjadi wisata favorit para wisatawan, terkhusus wisatawan yang menyukai wisata bahari di pulau ini dikelilingi pantai berpasir putih lembut dengan perairan yang sangat tenang dan dangkal di sekelilingnya.

Sementara itu pesona lain juga ditunjukkan dari tempat ini, dimana di sisi sebelah timur membentang pantai yang cukup panjang dengan ombak yang sangat tenang. Dalam jajaran kepulauan spermonde, pulau Lanjukang dikenal memiliki pantai yang paling indah untuk menikmati keindahan sunset sore hari yang menggoda.

Tidak sampai disitu, pemandangan bawah laut yang cukup menarik dengan kedalaman sekitar 4 hingga 5 meter, wisatawan dapat melakukan snorkling di laut mengelilingi pulau lanjukang dengan menikmati terumbu karang anemone laut, ikan-ikan lucu yang memiliki beragam warna dan bentuknya. Sehingga, mendapatkan keindahan yang lebih variatif.

Bagi anda yang menyukai ketenangan pulau ini sangat cocok. Pasalnya, pulau ini masih alami dan hanya dihuni 50 orang penduduk serta dipimpin oleh 1 Kepala Desa. Jika ingin menginap, pulau ini menyediakan 2 rumah panggung yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan. (*)


 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here