Indahnya Danau Matano Sorowako

0
326

LUWU TIMUR, KERTASONLINE.COM — Danau Matano ialah sebuah danau tektonik yang memiliki ukuran panjang 28 kilometer dengan lebar 8 kilometer yang terletak di kecamatan Nuha, desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur.

Danau yang memiliki kedalaman sekira 590 meter atau sepada dengan 1.969 kaki dari permukaan laut, sehingga menjadikan tempat tersebut sebagai danau terdalam di Asia Tenggara, dan menduduki peringkat terdalam kedelapan di dunia.

Rute perjalanan dari kota Makassar dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara. Jika menempuh jalur darat, dapat menyita waktu perjalanan selama 12 hingga 14 jam, tergantung hambatan yang ditemui. Namun, jika memilih jalur udara, waktu yang ditempuh hanya sekira satu jam perjalanan.

Airnya yang jernih memungkinkan pengunjung untuk dapat melihat keindahan fauna dari danau tersebut dengan berenang ataupun menyelam, yang dimana terdapat fauna dengan 6 spesies kerang, 3 spesies kepiting, 6 spesies udang dan 10 spesies ikan bersirip tajam. Untuk flora, danau tersebut memiliki  7 spesies tanaman endemik. Hal itulah yang menyebabkan tempat tersebut ramai dan wajib dikunjungi bersama keluarga dan kerabat.

Tidak hanya itu yang menjadi daya tarik dari danu tersebut. Disana juga terdapat keindahan sunset di sore hari yang juga tak kalah indah dari pantai ataupun pulau-pulau lainnya.

Penulis: Nurparamadina
Editor: Andi Nur Isman Sofyan
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here