Solidaritas Masyarakat Sulsel Kecam Aksi Anti Demokrasi

0
156
Konferensi Pers, Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

KERTASONLINE.COM – Solidaritas Masyarakat Sipil Sulsel Untuk Demokrasi mengecam aksi yang dianggap anti demokrasi dalam konferensi pers yang dilakukan di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Selasa, 19 September.

Sikap Solidaritas Masyarakat tersebut didasari oleh aksi pengepungan, intimidasi, hingga pelemparan kantor YLBHI Jakarta pada  tanggal 17 sampai 18 September kemarin.

Selain itu, provokasi dan penyebaran hoax tentang keterkaitan isu Partai Komunis Indonesia (PKI) disinyalir sebagai pemicu dari ketegangan yang terjadi malam itu.

Namun, berdasarkan kutipan dari pernyataan sikap Solidaritas Masyarakat Sipil Sulsel Untuk Demokrasi, menyebutkan bahwa aparat kepolisian yang telah melakukan klarifikasi mengatakan kalau tidak ada sama sekali acara yang berkaitan dengan unsur PKI atau Komunisme.

“Aparat kepolisian mulai dari Kapolsek Menteng, Kapolres Jakarta Pusat, Kabaintelkam Mabes Polri juga Kapolda Metro Jaya telah melakukan klarifikasi langsung, melihat bahan, mengawasi terus menerus dan mengakui serta menjelaskan kepada massa bahwa tidak ada acara yang berkaitan sama sekali dengan PKI atau Komunisme,” kutip pernyataan sikap Solidaritas Masyarakat Sipil Sulsel Untuk Demokrasi.

Sementara itu, Direktur LBH Makassar, Haswandy Andy Mas, telah mendesak Kapolri agar mengusut secara tuntas dalang dibalik aksi tersebut. “Karena kalau tidak, dia akan terus melakukan aksi-aksi demikian,” Kata Haswandy.

Tidak sampai disitu, dia juga menyatakan sikap bahwa LBH Makassar tidak akan mundur dalam menjalankan aktivitasnya.

“Atas kejadian tersebut kami di LBH Makassar yang merupakan bagian atau dinaungi YLBHI menyatakan tidak akan mundur selangkah pun. Untuk tetap menjalankan visi misi organisasi kami dalam rangka penegakan hukum dan demokrasi,” tutupnya.

Terkait hal tersebut, Syahrul Rauf, dari Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Catatan Kaki Universitas Hasanuddin, turut menyampaikan dukungan penuhnya terhadap YLBHI. “Kami mendukung YLBHI dan mengecam tindakan-tindakan yang berusaha mengoyak-ngoyak  demokrasi,” tegas Syahrul.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here