Manfaatkan Car Free Day, ASP Makassar Gelar Aksi Tolak Reklamasi

0
61
Aliansi Selamatkan Pesisir (ASP) menggelar aksi pada acara Car Free Day, di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 26 Januari./Foto: Muhammad Fazril Al-zanni

KERTASONLINE.COM – Memanfaatkan Car Free Day, Aliansi Selamatkan Pesisir (ASP) Makassar kembali menggelar aksi Tolak Reklamasi di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu kemarin, 26 Januari.

Dengan membentangkan spanduk berukuran 4 meter, yang bertuliskan “Stop Reklamasi dan Selamatkan Pesisir ta”, serta petaka-petaka kecil lainnya, berisikan pesan ajakan untuk menolak reklamasi pantai.

Selaku Koordinator Lapangan, Fahri, mengatakan aksi tersebut adalah bentuk keresahan bersama terhadap proyek reklamasi yang hingga saat ini masih berlanjut.

”Mengingat bahwa nelayan pada hari ini tidak mendapatkan ruang hidup yang layak,” ujarnya saat dimintai keterangan pada saat aksi tersebut.

Lebih lanjut, Fahri meminta agar pihak pemerintah menghentikan RZWP3K, serta mencabut izin tambang pasir yang ada di Takalar dan daerah lainnya.

“Karena ini akan secara langsung mengurangi daerah tangkapan nelayan secara langsung dan juga membuat masyarakat-masyarakat pesisir itu kemudian tergusur,” ungkapnya.

Fahri menambahkan, Aksi tersebut mendapat banyak respons dari masyarakat yang bersimpati terhadap kerusakan ekosistem akibat reklamasi.

“Itu bisa dibuktikan lewat petisi yang ditandatangani, masyarakat di lokasi aksi, respons masyarakat sangat banyak, mulai dari anak-anak sampai lansia merespons baik dengan adanya aksi ini,” katanya

Hainuddin, salah satu pengunjung mendukung aksi tersebut, sebab ia merasa kecewa dengan melihat kondisi laut di Pantai Losari.

Hainuddin, salah satu pengunjung yang menolak reklamasi.

“Dulu dari sini (Pantai Losari) lomba renang sampai Lae-lae, sekarang mana, Lae-lae sekarang tinggal melangkah mami pergimi mako liat. Makanya saya bilang kalau ada begini saya senang ji juga. Karena ada kepedulian dari adik-adik,” tuturnya.

Editor: Fitriani

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here