Lari Mallipa’ Jadi Rangkaian Festival Budaya

0
183

BARRU, KERTASONLINE.COM Festival Budaya Colliq Puji’e yang digelar di Kabupaten Barru, Minggu, 7 Agustus lalu berlangsung meriah. Lomba Lari Mallipa’ atau lari menggunakan sarung, salah satu rangkaian acara Colliq Puji’e yang paling diminati masyarakat.

Pelbagai kalangan ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Seperti halnya dengan Ashar (46) bersama anaknya Asraf (9), mereka mengakui, keikut sertaannya dalam lomba ialah untuk melestarikan budaya Lari Mallipa’ yang kini sudah jarang dilakukan.

Tidak ketinggalan seorang nelayan asal Mate’ne, Kecamatan Tanete Rilau. Ashar (46) bersama anaknya, Asraf (9). Keduanya berlari menegelilingi kota Barru sambil sesekali istirahat dan minum air botol yang dibawahnya. Ayah dan anak ini menyelesaikan lomba bersama dengan peserta yang lain.

Mereka juga mengaku senang dengan kegiatan yang berlangsung sangat rami tersebut. Ia berharap, acara yang digelar di Alun-alun kota tersebut dapat kembali diselenggarakan nantinya. “Kegiatan ini (Festival Budaya) ditingkatkan lagi,” tambah Ashar.

Fesital Budaya tersebut akan berlangsung hingga 13 Agustus mendatang. Pelbagai budaya turut dihadirkan di kegiatan tersebut, salah satunya Barru Expo yakni kerajinan dan kuliner. (sgt/ans)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here