Komunitas Sepeda Tua Long March Keliling Makassar

0
360
HUT RI 71

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) dan Galesong, Rabu, 17 Agustus sore tadi long march dalam rangka memperingati HUT RI ke-71. Anggota komunitas tersebut long march dengan menggunakan pakaian pejuang dan sepeda ontelnya mengelilngi kota Makassar.

Sebelum long march dimulai, anggota komunitas berkumpul terlebih dahulu di depan Monumen Mandala, jalan Jendral Sudirman.

Ketua Kostum, Muzakkar mengatakan, long march bertujuan untuk menghormati para pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, tanpa perjuangan orang dahulu, warga Indonesia tidak bisa menikmati kemerdekaan.

Dengan dilasanakannya long march menggunakan pakaian pahlawan, Muzakkar juga berharap agar semangat 45 terpatri dalam diri setiap anggota komunitas. “Saya kira salah satu refleksi kita, bagaimana menghormati para pejuang kita, dengan ala seperti pakaian ini,” ungkapnya.

Salah satu anggota Kostum, Hamria, mengaku merasa senang dengan peringatan HUT RI ke-71 tersebut. “Luar biasa dengan merdeka sampai  tujuh puluh satu tahun. Sudah kita nikmati yang dari pejuang-pejuang lalu. Tidak dijajah maki. Artinya merdeka maki semuanya dalam pendidikan, pembangunan,” tambah Hamria.

Di sisi lain, ketua Komunitas Sepeda Tua Galesong, Daeng Ngola, memberi arti kemerdekaan yakni merdeka dari segala-galanya. “Dari segala bentuk kebebasan berekpresi, melestarikan budaya,” jelasnya. Ia juga berharap, pemerintah dapat memberikan apresiasi agar anggotanya akan lebih bersemangat.

Penulis: Segitarius
Fotografer: Muh Karliansyah Taha
Editor: Andi Nur Isman Sofyan
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here