5 Tips Menghindari Hoax

0
739
Hoax
Justina | KERTAS

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM – Setiap hari, seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, informasi dengan begitu mudah menghinggapi setiap pengguna smartphone. Informasi yang terjadi di luar dengan cepat kita ketahuai apa pun jenisnya baik itu kegiatan pemerintahan, bencana, pendidikan, maupun public figure, bahkan peristiwa di luar angkasa pun dalam hitungan detik bisa kita ketahui.

Itulah perbedaan zaman sekarang dengan dulu. Kita tidak perlu lagi menunggu koran dipagi hari untuk memperoleh informasi terbaru atau terupdate, atau juga repot-repot memencet tombol remote TV mencari channel kesukaan. Namun, tentunya semua kemudahan tersebut mempunyai sisi negatif. Tidak sedikit situs-situs yang ada sekarang memanfaatkan teknologi itu dengan memberikan berita maupun informasi HOAX.

Nah untuk itu, kami akan berbagi beberapa tips agar terhindar dari berita Hoax. Berikut 5 tips menghindari berita Hoax versi kertasonline.com:

1. Perhatikan Situs atau Sumber Berita

Sebagai pengguna smartphone yang cerdas, seharusnya kita juga mampu lebih cerdas memilih konten atau situs yang dapat dipercaya. Caranya adalah, dengan melihat latar belakang situs tersebut, mulai dari pemilik, peminat, hingga komentar-komentar yang terdapat pada konten-konten yang ada disitus tersebut. Untuk itu, bijaklah dalam memilih situs-situs yang tersedia.

2. Membaca Judul Berita

Beberapa judul berita khususnya di Online biasanya mengecoh seseorang dan terkadang sangat mendramatisir. Sehingga, pembaca secara langsung memberikan penilaian baik itu positif maupun negatif. Maka dari itu, dianjurkan membaca secara keseluruhan berita atau informasi tersebut agar mengetahui kejelasannya. Karena bisa saja, dengan melihat sekilas justru membuat kita dibodohi.

3. Melakukan Verifikasi Ulang Terhadap Suatu Berita

Verifikasi berita adalah hal yang paling penting untuk mengetahui kejadian atau fakta yang sebenarnya. Terkadang beberapa situs menyediakan berita cuman sekedar untuk menaikkan rating pembacanya. Bukan menyajikan fakta melainkan opini. Untuk itu, kalau ragu dengan berita yang ada, tidak ada salahnya mengecek situs-situs yang terpercaya.

4. Kritis

Sebagai pembaca, kritis merupakan hal yang paling penting ketika menemui suatu berita. Agar terhindar dari hoax, kita harus jeli menanggapi hal-hal yang menyimpang atau aneh dalam suatau berita.

5. Perbanyak Bacaan

Salah satu cara menghindari berita Hoax dengan memperluas cakupan bacaan kita. Perbanyaklah membaca situs-situs yang resmi, agar kita lebih mampu membedekan situs yang berisi konten Hoax, mulai dari isi hingga cara penyajian konten yang ada pada situs tersebut.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here