Usai Laksanakan Latgab, UKM KSR Adakan Praktik Lapangan

0
185
Potret peserta Latgab saat sedang melakukan praktik Tanggap Darurat Bencana (TDB) Kebakaran di Unifa, Sabtu, 11 November di Unifa.

KERTASONLINE.COM– Kegiatan Latihan Gabungan(Latgab) yang di dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela-Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 126 Universitas Fajar (Unifa) yang dibuka 8 November lalu, Sabtu 11 November kemarin mengadakan praktik lapangan di depan Pelataran Unifa

Ketua Panitia, Ike Boneita Seftikasari menjelaskan bahwa Tanggap Darurat Bencana (TDB) kebarakan dan  assessment yang dilakukan tersebut merupakan output atas pelatihan yang telah diberikan selama berada di Baruga Benteng Sombaopu.

“Ini sebagai Aplikasi ilmu-ilmu yang sudah didapat di kelas selama 4 hari kemarin, dari hari rabu sampai hari sabtu pagi, kebetulan saya juga salah satu peserta Assesment, Assesment itu dia bagian dari Indentifikasi korban, yang hasil pelaporannya itu dikirim di posko PMI untuk ditindaklanjuti, untuk pelatihan tanggap darurat bencana ada materi dapur umum, tendanisasi, pertolongan pertama,” jelas Ike.

Selain itu, Ike juga menerangkan terkait konsep acara yang diterapkan. Dia mengatakan, seluruh peralatan yang digunakan saat praktik aman sehingga tidak ada yang perlu untuk dikhawatirkan.

“Amanji semua, mulai dari Damkarnya, petasannya, dan asap yang di gunakan bukan dari api, tapi dia kayak petasan ji begitupun ledakannya jiga dari petasan, safety ji semua, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” terang Ike.

Tidak sampai disitu, pelatihan TDB kebakaran itu juga ikut melibatkan beberapa UKM KSR dari pelbagai Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung sebagai peserta Latgab dan Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam kegiatan tersebut.

“Alasan mengundang PT di Sulsel karena Kita kan relawan bukan hanya relawan yang ada yang ada di makassar, maksudnya kita ini mau berbagi ilmu dengan mereka begitu. Bagimna juga meningkatkan tali silaturahmi sesama relawan yg ada didaerah terkhusus juga relawan-relawan yang ada di makassar,” ujar Kordinator Acara, Herawati Yusuf.

Terkait hal itu, salah satu peserta Latgab Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Muh. Irfan Ardiansyah mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya, pihaknya merasa sangat terhibur dengan fasilitator yang diberikan oleh UKM KSR-PMI Unit 126 Unifa.

“Ini merupakan Latgab yang luar biasa karena dia melibatkan Se-Sulsel, dia juga membuka 2 kelas dalam latgab tersebut, dia ada kelas Asessment dan ada Latgab Tanggap Darurat Bencana, materi-materi yang di berikan juga sangat luar biasa, kami sebagai perserta merasa sangat terhibur dengan fasilitator yang diberikan oleh KSR Unifa tersebut untuk kami,” ungkapnya.

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here