Untuk Pertama Kalinya, FT Unifa Lakukan Screening Terbuka

0
253
3 kandidat calon Ketua Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM-FT) dan Senat Mahasiswa (SM-FT) Universitas Fajar (Unifa). Senin, 31 Juli.

KERTASONLINE.COM – Pemilihan Ketua Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM-FT) dan Senat Mahasiswa (SM-FT) Universitas Fajar (Unifa) biasanya hanya dilakukan secara tertutup. Namun, untuk pertama kalinya, FT melakukan screening secara terbuka, Senin, 31 Juli di depan Sekretariat FT.

Menurut Ketua DPM-FT, Ichsan I. Ibrahim mengatakan, screening terbuka tersebut dilakukan agar bakal calon Ketua DPM-FT dan SM-FT periode 2017/2018 mampu menghasilkan pemimpin yang bisa dipandang dalam lingkup Unifa, terkhusus di FT.

“Kenapa transparan,  sampai-sampai mengundang juga lembaga kemahasiswaan internal kampus, dan salah satu tim panelis itu ada dari Dekan Fakultas Teknik Karena lebih banyak pertanyaan dari luar Fakultas Teknik itu lebih baik,” terang Ichsan.

Dia mengatakan, biasanya pemilihan ketua-ketua FT yang mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya hanya sampai pada tahap screening tertutup seperti musyawarah besar (mubes).

“Kalau screening terbuka dia bisa dibilang seperti penyeleksian, di mana seleksi dalam calon-calon ketua. Terus screening terbuka tadi sudah sampai ketahap kedua. Tahap sebelum screening terbuka ada screening tertutup yang di mana terdapat berbagai pos-pos dari tim screening,” jelasnya.

Ichsan juga menyampaikan kalau sebelumnya ada enam bakal calon ketua DPM-FT dan SM-FT, namun yang lulus ke tahap screening terbuka hanya tiga orang, selebihnya gugur di tahap screening tertutup.

“Dua dari calon DPM dan empat dari calon Ketua Senat. Satu orang ini sudah masuk dalam kategori aklamasilah, jadi yang dua ini masuk dalam tahap pemilihan nantinya. Itu untuk ketua senat, kalau untuk ketua DPM nanti kita tinggal tetapkan di mubes,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ketua DPM-FT periode 2016/2017 itu menegaskan, pada tahap selanjutnya, Rabu, 2 Agustus nanti, akan dilakukan pemilihan ketua DPM-FT dan SM-FT dengan melibatkan seluruh masyarakat Teknik.

“Tahap selanjutnya itu tentang pemilihan jadi pemilihannya ini tidak seperti biasa ketika orang kayak mubes dan lain-lain. Sebisa mungkin seluruh masyarakat Teknik yang memang menjadi bagian dalam keluarga kami yah itu yang diharuskan untuk memilih,” tutup Ichsan.

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here