Unifa Terapkan Larangan Asap Rokok di Area Kampus

0
243
Tampak poster "Zona Bebas Asap Merokok" yang tertempel di samping lift Unifa.

KERTASONLINE.COM – Universitas fajar (Unifa) menerapkan peraturan yakni “Kampus Bebas Asap Rokok” dalam artian menciptakan suasana bebas polusi asap rokok.

Peraturan tersebut diperuntukkan untuk perokok, baik itu mahasiswa maupun Dosen, dengan tidak melakukan aktivitas merokok sembarangan. Sehingga tidak menimbulkan keresahan untuk sekitar.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Asri Mulia, mengatakan, menginginkan unifa menjadi kampus organik, salah satu programnya adalah larangan asap rokok di area kampus.

“Ini mengganggu kesehatan manusia jadi kita harus meminimalisir resikonya, dan juga kampus telah menyediakan tempat khusus bagi mereka yang ingin merokok di kampus, seperti di pelataran gedung baru dan kantin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut, ke depannya pihak kampus akan menyediakan ruangan khusus bagi si perokok.

“Jadi untuk selanjutnya tidak boleh sembarangan lagi merokok, sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar mahasiswa,” ujarnya.

Terkait hal itu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin, Imanuel, berpendapat, untuk larangan merokok di area kampus, hal itu akan menimbulkan perdebatan.

“Kalau di dalam ruangan yah tidak boleh, tapi jika dibatasi tempatnya itu saya tidak setuju, kita ini kan perokok aktif yang kalau tidak merokok itu akan mengganggu konsentrasi belajar dan juga kami lebih tidak bisa leluasa berekspresi jika di batasi,” pungkasnya.

Selain itu, mahasiswa dari Prodi Manajemen, Angga, menyampaikan, peraturan itu merupakan hal positif yang dilakukan pihak kampus, untuk kepentingan bersama.

“Kenapa tidak didukung selagi itu berdampak baik untuk semuanya, justru ini bagus namun dengan catatan harus ada lebih dari satu tempat yang nyaman untuk merokok,” tuturnya. (lis/*)

Editor: Fitriani

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here