Unifa Support 50 Juta Untuk KKN International

0
268
Persyaratan KKN Internasional di Malaysia (Sumber Gambar : Unifa.ac.id)

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) International yang akan diselenggarakan  9 Juli mendatang di Malaysia akan mendapat bantuan dana dari pihak Universitas Fajar (Unifa) senilai lima puluh juta rupiah.

Dr. Muliyadi Hamid, SE. M. SI, Deputi Rektor I yang ditemui diruangnya beberapa waktu lalu, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, karena KKN International merupakan kali pertama di Unifa makanya akan diberikan bantuan dana.

“Kalau Unhas malah lebih mahal, tidak ada bantuan dari Unhas. Kalau kami di sini beri bantuan lima puluh juta. Itu makanya kan sebenarnya lima saja (mahasiswa) yang diminta oleh unhas kemarin. Tapi karena jumlah pendaftarnya banyak, akhirnya luluslah tiga belas orang. Satu orang mengundurkan diri karena dilarang orang tua, jadi dua belas orang,”kata Muliyadi.

Lanjut, Muliyadi menerangkan kalau KKN International bukan kurikulum yang wajib diikuti mahasiswa tapi hanya pilihan.

“Jadi pilihan. KKN wajib. Tapi bentuknya KKN itu apa, sangat tergantung dari fasilitas dan momentum yang tersedia pada kita. Nah, yang wajib diikuti oleh mahasiswa kita adalah KKN yang kita selenggarakan secara internal. Tetapi pada saat-saat tertentu kita bisa saja diundang oleh perguruan tinggi lain,”terangnya.

Sementara itu, menurut informasi yang diterima KERTASONLINE dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Abdul Samad, sebanyak dua belas mahasiswa yang dinyatakan lulus berkas dan interview akan menjalani KKN International selama satu bulan di Malaysia.

“Mahasiswa yang mampu berbahasa inggris, memiliki Satuan Kredit Semester (SKS) 110 dan diizinkan orang tua serta lulus tahap interview.  Sekarang sudah menjalani proses persiapan. Pengabdiannya itu baru mau dimulai setelah lebaran, tapi proses persiapan untuk pengabdiannya di luar sana sudah dimulai dari sekarang,”beber Samad.

Lebih jauh, samad menambahkan bahwa Unifa tidak tahu menahu mengeni program kerja dan lokasi persis KKN International nantinya.

“Tidak ada kabarnya, Unhas yang atur karena kita kan ini ikut ke Unhas. Itupun juga bukan Unhas yang atur. Unhas memanggil Unifa dan UMI untuk ikut ke Malaysia. Seluruh kegiatannya itu diatur sama Malaysia. kita Cuma menyiapkan siapa yang bersedia,”sambungnya.

“KKN International pertama bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik masyarakat lokal tapi di luar Negeri dan bagaimana memecahkan masalah-masalah mereka, Kedua adalah tentu saja memperkenalkan Indonesia itu sendiri secara umum dan secara khusus Sulawesi Selatan kepada masyarakat International, ketiga adalah networking, Keempat pengembangan kapasitas diri,” tutup Samad.

Editor : Justina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here