KERTASONLINE.COM – Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menetapkan, 10 mahasiswa Universitas Fajar (Unifa) penerima beasiswa Bidikmisi. Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan siang ini, Kamis, 31 Januari, di ruang rapat Rektorat.

Bidikmisi sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bagi mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik.

Rektor Unifa, Muliyadi Hamid, menyebut, penerima beasiswa itu, mendapatkan bantuan biaya kuliah yang dikelola oleh Unifa, sebesar Rp 2.400.000, dan Rp. 3.900.000 untuk biaya hidup yang diserahkan langsung kepada mahasiswa.

Tidak hanya itu, Ia mengatakan, selain menerima biaya kuliah dari Kemenristek Dikti, Unifa juga memberikan biaya tambahan bagi penerima yang masih kekurangan dalam pembayaran Biaya Perkuliahan Persemester (BPP).

“Kita komitemennya dengan pemerintah, bahwa penerima beasiswa itu, tidak boleh dibebani biaya tambahan uang kuliah, jadi kalau misalnya uang kuliah di Program Studi (Prodi) nya tidak cukup Rp 2.400.000, maka kita yang menombok kekurangan itu,” jelasnya.

Sementara itu, Mulyadi berharap, ke-10 penerima beasiswa dapat menunjukkan kemampuan yang mereka miliki, khususnya dalam hal prestasi, perilaku dan sikap yang baik lingkungan akademik maupun di luar kampus.

“Mudah-mudahan penerima beasiswa itu dapat menggunakan beasiswanya dengan baik, dan kita juga berharap, prestasinya bisa semakin meningkat,” imbuhnya.

Salah satu penerima beasiswa bidikmisi, Nafrizal, mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, dengan beasiswa ini Ia bisa meringankan beban orang tuanya untuk membiayai kuliahnya.

“Alhamdulillah adanya beasiswa ini sangat membantu mahasiswa yang kurang mampu untuk merasakan dunia kampus, khususnya saya pribadi, dengan bantuan ini, biaya hidup dan BPP saya tercukupi,” ujar mahasiswa Diploma tiga (D3) Akuntansi itu. (tik/*)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here