Turunnya Minat Siswa, Disebut Penyebab Unifa Tak Cukupi Target

0
523
Gambar daftar perkembangan calon Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2017/2018 yang diterima kertasonline.com dari Biro Akademik.

KERTASONLINE.COM – Menurunnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) disebut sebagai penyebab Universitas Fajar (Unifa) dan beberapa PT lain tak mencukupi target pendaftar.

Jumlah pendaftar yang semula ditargetkan Unifa akan mencapai 1500 tersebut nyatanya tidak mencapai target. Menurut data yang diterima kertasonline.com, terdapat 1123 pendaftar yang dinyatakan lulus dari 1316 mendaftar. Hingga Pra PMB berlangsung, Sabtu, 16 September, pagi tadi di Unifa, tercatat hanya 997 orang yang telah melakukan pendaftaran ulang.

“Menurut informasi yang saya dengar dari beberapa PT lain menyebutkan bahwa memang minat melanjutkan studi anak SMA sekarang ini di PT turun. Itu dibuktikan  dari beberapa PT yang mengalami penurunan di Makassar ini. Bahkan di luar Makassar sendiri banyak PT yang mengalami penurunan. Nah ini gejala yg ada di Sulsel, itu artinya bahwa memang minat melanjutkan pendidikan menurun,” ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru, Ibnu Qayyim Na’iem, saat ditemui diruangannya beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, lebih lanjut Ibnu menerangkan, melemahnya daya beli masyarakat juga menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah pendaftar, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Dari beberapa dosen dari PT lain itu mengeluhkan seperti itu, yg dulunya terima 1000, sekarang tinggal 600. Ini memang pernah juga terjadi pada beberpa tahun lalu, begitu kondisi ekonomi daya beli masyarakat lemah, rendah, berimbas kepada jumlah pendaftar yg masuk ke PT,” terangnya.

Kendati demikian, PMB akan tetap  digelar di Graha Pena Lantai 1 mulai tanggal 19-22 September dan di Pelataran Unifa pada  tanggal 23 September mendatang.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here