Talkshow Mahasiswa Ikom, Psikolog BKKBN: Harus Mencerdaskan

0
399
Foto bersama panitia Talkshow Edukasi Sosial Media untuk Generasi Millenials, sebagai tugas akhir mata kuliah Psikologi Komunikasi, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Rabu, 25 Januari.
Nurparamadina | KERTAS

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Fajar (Unifa) menghadirkan Psikolog Badan Kependidikan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada Talkshow Edukasi Sosial Media untuk Generasi Millenials di ruang rapat FEIS, Kamis, 25 Januari, pagi.

Selain itu, dua putra-putri Duta Genre Indonesia 2016, Nani Rahayu Usman dan Muh Auzan Haq juga turut dihardirkan dalam Talkshow yang merupakan tugas akhir mata kuliah Psikologi Komunikasi.

Ketua panitia, Nurul Fajri mengatakan, perlu adanya edukasi untuk menumbuhkan kesadaran pengguna aktif sosial media. Karena menurutnya, hampir tidak ada filter ketat yang mengawasi sosial media.

“Makanya untuk menjadi pengguna sosial media yang aktif, kita perlu mengedukasi supaya kita istilahnya menumbuhkan kesadaran,” kata Nurul.

Psikolog BKKBN, Eva Meizara Puspita Dewi, Spsi., Msi mengungkapkan, sosial media memiliki dampak positif dan negatif, yang di dalamnya jauh lebih banyak dampak negatif seperti pornografi, prostitusi, kejahatan, serta berbagai jenis penipuan.

“Kita harus mencerdaskan para pengguna terutama anak remaja supaya mereka cerdas dalam  memilih dan memilah informasi,” tutur Eva.

Hal serupa juga dikatakan putri Duta Genre Indonesia, Nani mengatakan, menjadi generasi Z tidak hanya menjadi pecandu sosial media, tetapi juga pandai dalam memanfaatkan sosial media dengan baik.

Nani menjelaskan, generasi saat ini harus mengetahui apa sisi negatif dan positif dari sosial media. Menurutnya, sosial media seharusnya bisa menjadi pengembangan diri dan sarana edukasi.

“Supaya bisa mengedukasi, sosial media itu bukan hanya sekedar (dijadikan. red) tempat untuk curhat kalau lagi galau,” pungkas Nani.

Salah satu peserta Talkshow dari MAN 2 Model Makassar, Muh Abdul Mubarak mengatakan, Talkshow ini sangat bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa. “Kita dapat menjadi generasi yang membanggakan bagi kedua orang tua kita dan negara kita,” ungkapnya. (*)

Editor: Andi Nur Isman Sofyan

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here