Sikapi Cekcok Mahasiswa, Begini Kata DR III Unifa

0
420
Deputi Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Nur Khaerat Nur.

KERTASONLINE.COM – Insiden cekcok antara mahasiswa Fakultas Teknik (FT) dan program studi (prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Fajar (Unifa), kini mulai disikapi pihak kampus, Senin, 12 November.

Deputi Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unifa, Nur Khaerat Nur, mengatakan, kampus akan segera mengusut kasus ini. Pihaknya akan mengumpulkan data-data mengenai insiden yang pecah Kamis malam, 8 November itu.

Khaerat menyebutkan, kampus akan segera membentuk tim komisi disiplin (komdis) untuk menyikapi ini. Tim ini terdiri dari beberapa perwakilan fakultas, termasuk dekan, dan perwakilan prodi yang terkait.

“Kita masih menyurat dulu rektor untuk segera dikeluarkan SK-nya,” ujar Khaerat saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, komdis nantinya terlebih dahulu akan mengumpulkan fakta-fakta sebagai kronologi kejadian. Setelah semua data berhasil disatukan, komdis akan menyimpulkan kemudian memberi sanksi kepada mahasiswa atau oknum yang terbukti bersalah.

Sebelumnya, pada hari yang sama sebelum pecahnya insiden ini, ia telah melakukan mediasi bersama kedua pihak tersebut. Akan tetapi, bukannya menemukan solusi, situasi malah semakin mencekam.

“Belum selesai proses mediasi ternyata meletus lagi. Akhirnya kita mengambil kesimpulan, pada malam itu kita kosongkan kampus untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai juga ada pemanfaatan keadaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, karena MID Test sedang berlangsung sejak hari ini, ia mengimbau kepada seluruh civitas akademika untuk membuat situasi tetap kondusif. Jangan sampai terulang lagi.

“Misalnya Dekan berkoordinasi dengan lembaganya di tingkat senat. Prodi juga bisa melakukan koordinasi dengan himpunannya dan selain itu juga dosen bisa menyampaikan itu dalam kelas-kelas,” jelasnya.(tik/*)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here