Seminar Kakom Vol.6 Bahas Seni dalam Berbicara

0
256

MAKASSAR, KERTASONLINE.COMThe art of public speaking menjadi pembahasan dalam seminar yang merupakan rangkaian acara Kampoeng Komunikasi Vol. 6 di Gedung Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial (FEIS), Senin, 26 September , pukul 10.30 WITA.

Panelis seminar, Koordinator Presenter Celebes TV, Muchtar Luthfi menegaskan, keahlian dalam berbicara merupakan hal yang penting. Menurutnya, kekuatan dalam berbicara dapat menambah kepercayaan diri, mempengaruhi cara presentasi, memiliki nilai yang lebih dalam karir dan menambah penghasilan.

“Adapun yang harus diperhatikan dalam berbicara yaitu bukan tentang what to say tapi how to say. Di mana apa yang kita sampaikan akan lebih menarik dengan penyampaian yang lugas, daripada ketika kita menyampaikan dengan hanya berpatokan dengan teks atau naskah,” jelas Muchtar Luthfi dalam seminar.

Ia juga mengatakan, kepercayaan diri merupakan aspek paling penting dalam public speaking, hal tersebut menjadi senjata utama ketika berbicara di depan khalayak. Namun, kepercayaan diri yang berlebih juga dapat menjatuhkan seorang public speaker.

“Semua orang bisa belajar teori-teori yang bahkan bukan latar belakang dari pendidikannya sendiri, tapi tentang praktek kemudian teori public speaking itu karena masih belum banyak orang yang belajar terkait tentang itu. Artinya peluangnya cukup besar untuk kita dalami dan digunakan untuk profesi masing-masing bukan hanya untuk jurusan komunikasi,” tambahnya.

Penulis: Widyaningsih
Editor: Justina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here