Selain Skill yang Mempuni, Peserta KKLP Ditekankan Utamakan Etika

0
275
Tampak peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKLP) saat sedang mengikuti materi Motivasi yang dibawakan oleh Reynold Aslin, di Ruang Rapar Rektorat, Senin, 23 Juli.

KERTASONLINE.COMSkill yang cukup mempuni terbilang sudah dimiliki mahasiswa. Namun persoalan etika beberapa orang cenderung lalai akan hal tersebut.

Oleh karena itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar (Unifa), Hj Yusmanizar menekankan, peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKLP) agar lebih mengutamakan etitut mereka ketika pelaksanaan KKLP nantinya.

“Paling utama sebenarnya adalah sikap. Karena berdasarkan hasil evaluasi dari beberapa pelaksanaan KKLP, yang minim itu tanggung jawab, etos kerja dan disiplin,” ucap Nina sapaan akrabnya.

Karena menurutnya, disamping keterampilan yang bagus. Mahasiswa juga harus mengedapankan etika. Sebab, kata dia, di luar sana kompetisi sudah semakin ketat.

“Biasanya mahasiswa ini bagus di pekerjaan atau keterampilannya tapi minim akan kepercayaan diri,” bebernya saat ditemui, Senin, 23 Juli.

Pembekalan yang diikuti oleh 56 mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut, dibekali dengan tiga materi yakni motivasi, teknik penulisan laporan, dan teknis pelaksanaan lapangan.

Yusmanizar menyampaikan, tiga materi ini diharapkan mampu menimalisir terjadinya perpanjangan masa KKLP. Akibat, mahasiswa yang cenderung masih belum mahir dalam penulisan laporan.

“Ini juga menjadi evaluasi. Mudah-mudahan ke depan anak-anak berangkat dengan proposal. Bukan hanya sekadar surat pengantar saja,” jelasnya.

Sehingga Yusmanizar berharap, dua bulan waktu pelaksanaan KKLP dan satu bulan penyusunan laporan bisa selesai sesuai dengan target.

“Saya harap setelah pembekalan ini mereka ada perubahan, minimal perubahan wawasan lah.perubahan terutama kepercayaan diri, disiplin. kalau keterampilan bisa di asa. Karena dari segi keterampilan saya tidak meragukan tinggal etika dan disiplin nya mereka itu saja,” tutupnya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here