KERTASONLINE.COM – Workshop Ketekniksipilan yakni rangkaian keempat dari Civil Edition (Edukasi dan Competition) 2018 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (FT) Universitas Fajar (Unifa) di Laboratorium Multimedia Unifa, Rabu, 11 April.

Workshop bertemakan “Geographic Information System (GIS)” tersebut, membahas mengenai sebuah tools atau alat yang digunakan dalam mengelolah data dan informasi geospasial.

Pengetahuan terkait GIS sangat penting untuk dipelajari, Sehingga bukan hanya jurusan Teknik sipil saja yang harus memahami disiplin ilmu tersebut, melainkan semua jurusan juga tahu. Seperti yang disampaikan Field Supervisor PT Indonesia Renewable Energy, Iswandi Utama dalam materinya.

“Di jurusan lain itu malah lebih berguna, karena disipil itu mungkin mereka dibatasi oleh analisisnya, dijurusan lain itu justru sampai analisis lanjutannya, seperti pertanian, mereka bisa potong-potong areanya untuk misalnya perkebunan sawit, mereka akan gambar berapa luasnya, bagaimana potensi sawitnya,” kata Iswandi.

Senada dengan Iswandi, mahasiswa Pasca Sarjana, Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas), Muhammad Julham, juga mengaku bahwa orang yang ahli soal GIS memang sangat diperlukan utamanya di lingkup pemerintahan.

“Kegiatan ini harusnya berlanjut, karena ini baik untuk di lakukan, untuk menambah pengetahuan kita, karena ini bukan hanya untuk teknik geologi, tetapi ini sudah menjadi kebutuhan konsumsi, dalam sebuah pemerintahan saat ini sangat membutuhkan GIS, baik itu perhubungan sampai ke cabang-cabang ilmu lainnya,” ujar Julham salah satu peserta Workshop.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here