Perhatikan Lima Hal Ini Sebelum Mudik

0
142
Ilustrasi

KERTASONLINE.COM — Mudik merupakan sebuah tradisi yang berat jika tak dilakukan. Tak terkecuali mahasiswa. Apalagi, mereka yang sementara merantau dan tinggal jauh dari orang tua.

Momen idulfitri selalu menjadi penantian para perantau. Mereka tak ingin sedikitpun menyia-nyiakan waktu libur kuliah. Eitsss, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik yaaahh. Berikut ulasannya.

1. Selesaikan tugas secepat mungkin.

Biasanya mendekati libur, dosen di kampus dengan santainya memberi banyak tugas, bahkan dengan deadline yang cukup singkat. Sebaiknya selesaikanlah terlebih dahulu, sebelum memulai liburan dan perjalanan mudik. Bagi yang tidak mendapat satu tugaspun, kamu bisa kok bantu doi selesaikan tugasnya.

2. Tentukan moda transportasi yang akan kamu gunakan.

Menentukan moda transportasi sangat penting untuk memperlancar perjalanan mudik kamu. Jangan nekat jalan kaki yaaah. Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, pastikan kamu mencari tiket dengan biaya perjalanan yang termurah. Jangan sampai uangmu habis sebelum sampai kampung halaman.

Namun, jika kamu memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, cobalah cek kembali kondisi kendaraanmu. Mulailah dengan mengganti oli, kanvas rem, ban, dan lain sebagainya. Pastikan segala kondisi fisik kendaraan bermotor dalam keadaan prima agar perjalanan mudikmu dapat aman dan nyaman sampai tujuan. Ingat, keluargamu menunggu di rumah.

3. Buatlah catatan barang yang ingin kamu bawa

Ingat teman-teman, jangan sampai kamu memboyong lemari dan seisi kamar indekos-mu. Mudik yaa bukan pindahan. Cukup mencatat barang yang kamu butuhkan di kampung halamanmu nanti. Jadi, kamu bisa lebih muda dalam mengemas barang bawaanmu. Hindari bawa koper, nanti dikira mau KKN.

4. Pastikan keamanan barang yang ditinggalkan.

Selama kita mudik, kamar indekos/rumah kontrakan akan kita tinggalkan. Sebaiknya bawa pulang barang-barang berharga yang memungkinkan, sisanya bisa dititipkan pada pacar, ibu kos atau tetangga dekat rumah. Pastikan semuanya aman dan mengunci pintu dengan teliti.

5. Jangan tambah waktu libur.

Nah, ini yang paling sering dilakukan mahasiswa. Biasanya, para mahasiswa seketika menjadi oknum birokrasi kampus yang mengeluarkan kebijakan tanpa musyawarah dahulu. Jangan tambah liburnya. Kehidupan kampus menunggumu. (***)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here