Pentingnya Peran K3 di Era Teknologi

0
143
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kepegawaian dan Umum Balai Besar Pengembangan K3 Makassar, Naidil, Saat sedang sesi tanya jawab dengan peserta Seminar Nasional, di Fajar Room Graha Pena Lantai Empat, Rabu, 4 Juli.

KERTASONLINE.COM  Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Universitas Fajar menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), di Fajar Room Graha Pena Lantai Empat, Rabu, 4 Juli.

Seminar yang bertemakan “Strategi Penerapan K3 Untuk Mewujudkan Lingkungan Kerja Profesional Dalam Peningkatan Industri Indonesia” itu turut menghadirkan pemateri dari perwakilan Balai Besar Pengembangan K3 di Makassar.

Dalam pemaparannya, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kepegawaian dan Umum, Naidil menegaskan akan pentingnya peran K3 di era Globalisasi dan dampak penerapannya dalam persaingan di dunia Internasional.

“Seiring berkembangannya teknologi, tingkat resiko kecelakaan bisa semakin besar dan fatal akibatnya. Produk tidak akan laku dijual apabila tidak ada safetynya apalagi untuk bersaing dengan produk luar negeri. Kalau dulu K3 menjadi urutan kebeberapa sekarang menjadi persyaratan pertama,” terangnya.

Lebih lanjut, Naidil mengatakan bahwa Pemerintah memiliki peran besar agar K3 dapat diterapkan disetiap Industri maupun dalam perusahaan.

“Pemerintah itu mengawasi semua industri yang mempekerjakan tenaga kerja sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, beberapa strategipun sudah dijalankan sesuai dengan kondisi perusahaan,” tambahnya

Sementara itu salah satu peserta seminar, Sari Agusliana menilai, kegiatan seminar ini memberi manfaat besar. Bagi Sari, materi yang diberikan nantinya dapat diterapkan di dunia bekerja. Mengingat dirinya yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Kimia.

“Kegiatan ini sangat positif bagi saya tetapi karena waktunya sangat sedikit, mungkin alangkah bagusnya lagi kedepannya waktunya bisa ditambah, juga dilakukan workshop atau penelitian secara langsung agar teori dan praktek itu bisa disamakan,” ungkap mahasiswa Universitas Muslim Indonesia itu.

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here