Penataan RTH di Unifa Belum Terealisasi

0
330
Gedung Unifa

KERTASONLINE.COM – Berdasarkan Undang-Undang no. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, setiap wilayah kota harus menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30% dari luas wilayah.

Penataan RTH sudah seharusnya diterapkan di Universitas Fajar (Unifa). Tetapi, hingga saat ini, belum juga direalisasikan.

Rektor Universitas Fajar (Unifa), Mulyadi Hamid, mengungkapkan, telah menyusun penataan RTH bersama salah satu dosen teknik sipil Unifa.

“Kami sudah melakukan teknisi bersama salah satu dosen teknik sipil, yang sudah ahli dalam penataan ruang terbuka hijau, dan sudah membantu beberapa lorong yang ada di Makassar,” ujarnya.

Ia menambahkan, agar mahasiswa dapat terlibat dalam penataan RTH di Unifa. “Kita berharap keterlibatan mahasiswa dalam menanam, pembuatan tanaman-tanaman organik, dan tanaman hidroponik,” harapnya.

Di lain sisi, mahasiswa program studi Hubungan Internasional, Imam, menyebut, RTH di Unifa belum sesuai dengan aturan undang-undang, yang terkait penataan ruang.

“Jadi kalau misalnya semacam lahan pendidikan yang tidak memerhatikan pemanfaatan ruang terbuka hijau, dampaknya justru akan menurunnya produktifitas mahasiswanya,” ungkapnya.

Selain itu, saat Alwi Hamu berkunjung di Unifa, untuk meninjau pembangunan Gedung 2017 lalu. Ia mengatakan, Unifa akan berkonsep Green University. “Kita mau Green University. Nanti kita lihat di mana tempat dan lokasinya,” katanya seperti yang dikutip dari berita Kertasonline.com, Alwi Hamu Akan Resmikan Gedung Baru Dipertengahan Tahun.

Dua tahun berlalu sejak pernyataan itu dilontarkan oleh pemilik Fajar Group tersebut, sampai sekarang Unifa belum mengadakan penataan RTH kembali.

Editor: Muhammad Farhan

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here