KERTASONLINE.COM – Dalam era digital, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) akan lebih mudah dalam memasarkan produknya, namun banyak pesaing.

Untuk itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Entrepreuneur (KKN-E) Universitas Fajar (Unifa) di Kecamatan Manggala, menggelar seminar kewirausahaan yang bertemakan “Penguatan Kewirausahaan Dalam Daya Saing” di Gedung PKK Kecamatan Manggala, Minggu, 31 Maret.

Salah satu Pemateri, Founder Growing Project, Novita Kumalasari, mengungkapkan, ditekankan untuk pelaku UKM, harus siap untuk hidup di dalam ekosistem yang sudah tercipta, yaitu digital.

“Di dalamnya sudah ada alat-alat yang sebenarnya kalau kita melihat, kita bisa pakai dengan modal yang sangat minim untuk bisa kembangkan,” katanya.

Ia menambahkan, peluang dan pesaing ada banyak, salah satu cara untuk memiliki usaha adalah berkolaborasi.

“Pilihannya adalah kalau kita tidak punya modal, kita mungkin belum punya jaringan tapi punya produk. Kalau kita punya jaringan dan belum punya produk ya kita kolaborasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Saifullah, berharap, pelaku UKM khususnya di Kecamatan Manggala bisa lebih memahami bagaimana cara memasarkan produk-produk mereka tidak hanya offline tapi juga online.

“Selain itu, juga tujuannnya untuk mengumpulkan para pelaku UKM disatu titik untuk mereka saling bersosialisasi, bertukar pikiran tentunya,” ungkapnya. (fit/*)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here