Panik Kenalkan Aktivitas Bawah Laut Lewat Seminar

0
207
Pengenalan aktivitas bawah laut pada seminar Scuba Diving Education and Experience di Gedung Baru Lantai 3 Unifa, Rabu, 11 Oktober.

KERTASONLINE – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam Teknik (Panik) Universitas Fajar (Unifa) mengenalkan  aktivitas bawah laut kepada masyarakat umum melalui seminar Scuba Diving Education and Experience yang digelar di Gedung Baru  Lantai 3 Unifa, Rabu, 11 Oktober.

“Jadi tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan apa itu scuba diving kepada masyarakat umum yang belum mengetahui masalah penyelaman. Dengan adanya pengenalan scuba ini, kami harapkan dari masyarakat umum itu sadar bagaimana pentingnya menjaga ekosistem bawah laut,” ujar Ketua Panitia, Muh. Rezki Idil.

Terkait hal itu, Pemateri Seminar, Al Furqan mengapresiasi seminar tersebut, ia mengatakan bahwa kegiatan itu dapat memperluas pengetahuan orang-orang untuk lebih mengenal laut dan seperti apa aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya.

“Kegiatan ini cukup bagus, artinya memperluas lagi pengetahuan orang, bahwa cinta laut itu dimulai dari mengenal laut, mengenal apa itu aktivitas dilaut. Salah satu aktivitas di laut itu yaitu dengan penyelaman, banyak peneyelam itu tidak mengetahui dasar, artinya tidak mengetahui apa-apa yang dilakukan penyelam sebenarnya selain melihat keindahan bawah laut, nah kegiatan ini menggambarkan semua apa aktivitas penyelam itu mulai dari ada yang menjadi penyelam riset , penyelam yang menjadi komersial, ada yang penyelam itu mempertahankan keamanan negara,” terang Furqan.

Hal serupa juga dikatakan salah satu peserta seminar, Rizaldi. Menurutnya, seminar itu sangat bermanfaat. Pasalnya, dirinya mengaku mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya belum ia dapatkan.

“Kalau dari saya yah sangat bermanfaat juga karena istilahnya ilmu baru juga yang didapatkan di sini karena sebelumnyakan belum ada,” katanya.

Selain itu, Furqan juga berharap agar peserta yang mengikuti seminar itu bisa menjaga dan mencintai laut dengan tidak merusak lingkungan yang ada di laut.

“Harapannya adalah peserta itu dapat memahami bahwa laut kita yang cukup luas ini tidak dikelola kemudian tidak dicintai dengan baik nah dengan melakukan penyelaman-penyelaman tadi  point pentingnya adalah mereka harus menjaga dengan mencintai laut kemudian melakukan aktivitas –aktivitas dilaut dengan tidak merusak lingkungan yang ada dilaut,” harapnya.

Lebih lanjut, Furqan juga menambahkan, sebagai lanjutan dari seminar, nantinya akan dilakukan pelatihan penyelaman, sehingga tidak hanya teori yang didapatkan melainkan langsung dipraktekkan.

“Jadi nanti itu akan ada kegiatan lanjutannya, yaitu pelatihan penyelaman dan menggunakan alat di pulau. Jadi harapannya itu peserta  bisa ikut berpartisipasi sehingga bukan hanya teori yang mereka dapat tapi langsung praktek,” tutupnya. (kif)

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here