Mubes Sema FEIS masih Terkatung-katung, Apa Penyebabnya?

0
505
Ilustrasi
Nurparamadina | KERTAS

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM – Musyawarah Besar (Mubes) Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial (Sema FEIS) Universitas Fajar (Unifa) hingga kini masih terkatung-katung.

Salah satu faktor terjadinya hal tersebut karena peserta Mubes tidak mencukupi quorum. Akibatnya, sidang dipending berkali-kali.

Mubes Sema FEIS pertama kali dimulai pada 28 Desember 2016. Kemudian dipending sebanyak 3 kali dengan jenjang waktu berhari-hari, yakni 29 Desember-2 Januari 2017, 9-13 Januari 2017, dan 18 Januari hingga saat ini.

“Setiap delegasi himpunan itu kadang hanya beberapa yang hadir, kadang satu orang saja, bahkan sampai ada himpunan yang delegasinya tidak hadir,” kata presidium sidang Mubes, Saharuddin DM.

Selain itu, perubahan nama Sema menjadi Keluarga Mahasiswa (Kema) membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dirombak sebanyak 45 pasal.

“Ini kan Senat akan diganti menjadi Kema FEIS Unifa, sehingga AD/ART nya itu baru. Jadi kita mulai dari awal, dan setiap Mubes itu kadang hanya satu sampai tiga pasal saja yang kita bahas,” jelas Saharuddin.

Tidak hanya itu, kata Saharuddin, ketidak pahaman setiap himpunan dalam pembahasan AD/ART membuat peserta Mubes beradu argumen yang mereka rasa benar.

Sementara itu, mantan sekretaris umum Sema FEIS, Putra mengatakan, masih adanya keegoisan pada beberapa himpunan juga menjadi alasan dipendingnya Mubes.

“Dari situ saya bisa tarik kesimpulan kalau ini semuanya memang tidak mau kehilangan suara untuk pemilihan nanti, dan ego-egonya masing-masing,” tandas Putra.

Di lain sisi, Ilham Baramuli mengharapkan agar mahasiswa di FEIS mempunyai suatu organisasi yang dilekatkan dalam asas kekeluargaan sehingga menjadi semangat kolektif.

”Harapannya bahwa untuk bagaimana Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial itu dapat bersaing secara kompetitif,” kata Ilham.

Kendati demikian, Mubes Sema FEIS akan kembali dilanjutkan pada Rabu, 25 Januari mendatang.

Editor: Andi Nur Isman Sofyan

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here