MODA: Bekal Calon Wisudawan(i) Menuju Dunia Kerja

0
267

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM- Dunia kerja nyata kini di depan mata calon wisudawan(i) tahun 2016 angkatan ke-IX Universitas Fajar (Unifa). Untuk mengenalkan hal ini, Pusat Karir dan Penempatan Kerja Unifa menyelenggarakan Masa Orientasi Dunia Kerja (MODA) di main hall Graha Pena lantai 1, Selasa, 4 Oktober.

Pelbagai pengalaman, motivasi dan wejangan dalam dunia kerja diuraikan kepada mahasiswa yang akan diwisuda pada kamis mendatang. Mereka diberi gambaran-gambaran realitas yang akan terjadi pada saat jenjang tersebut tiba.

Empat narasumber dihadirkan dalam acara tersebut yaitu, Novita Kumalasari, S.Sos, MM (Motivator Internal Unifa), Imelda Kristianita, SS, MBA (General Manager Trans Studio Mall), Husnul Khatinah, ST (General Manager Cocacola Amatil Indonesia Wilayah Timur) dan Aswan Amiruddin (Marketing Manager Toyota Automotif NV. H. Kalla).

Novita Kumalasari mengatakan, dalam mencari kerja nantinya jangan hanya melihat kerennya saja. “Kebanyakan dari adik-adik carinya kerjaan yang keren-keren sih, ‘saya maunya kerja di tempat yang besar, kerja dengan tim yang hebat’. Hampir semua yang bercerita hari ini adalah orang yang memulai dari bawah,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa butuh tingkat kejujuran yang sangat tinggi dalam rana kerja. “Tidak bisa kita lakukan komunikasi yang baik, baik dalam pekerjaan maupun dalam sehari-hari, kalau komunikasi dengan orang yang paling dekat saja sama kita, kita tidak punya,” jelas perempuan dengan jam terbang tinggi itu.

Sedangkan pada sesinya, Aswan Amiruddin menuturkan beberapa hal yang wajib diindahkan dalam dunia kerja. Diantaranya yaitu, mimpi besar, ide kreatif yang bisa diimplementasikan, observasi, menciptakan peluang, tidak putus asa, bergaul dengan orang yang bisa memberikan kritik yang membangun, serta bekerja sesuai dengan passion.

Seluruh mahasiswa yang sebentar lagi menyandang status sarjana yang mengikuti MODA terlihat antusias mengikuti setiap sesinya. ”Seru ji, banyak ilmu baru yang didapat, apalagi pematerinya juga asyik ji,” jelas salah satu calon wisudawan, Dewy Oktavina.

Penulis: El Syahrany Saiman
Editor: Risky Amaliyah

Facebook Comments
BAGIKAN
Berita sebelumyaPada Akhirnya Kita Mengerti
Berita berikutnyaTernyata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here