KERTASONLINE.COM  – Aturan penggunaan sekretariat menuai penolakan dari mahasiswa. Hal itu karena mereka tidak dilibatkan dalam perancangan aturan tersebut.

Kemarin, Jumat, 16 Maret, pihak birokrasi dan Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang mengadakan pertemuan dengan masing-masing pimpinan lembaga di Universitas Fajar (Unifa).

Dalam pertemuan tersebut, dilakukan sosialisasi mengenai Sistem Penggunaan Kantor Kelembagaan serta menetapkannya melalui persetujuan semua lembaga. Namun, sebagian besar dari kalangan organisatoris itu menolak kebijakan yang telah dirumuskan pihak birokrasi.

Penolakan itu didasari karena pembuatan  sistem tersebut tidak melibatkan mahasiswa dalam pembentukan aturan sekratariat. Hanya sekadar meminta persetujuan saja tanpa mempertimbangan saran dari setiap  ormawa yang telah disampaiakn.

“Forum ini tidak betul-betul membahas kemudian membentuk suatu rancangan. Melainkan hanya sosialisasi rancangan yang telah sebelumnya dibuat univeritas,” kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Muhammad Farhat Junaidi.

Sehingga, pertemuan itu dianggap, pihak birokrasi lagi-lagi mengambil keputusan sepihak dengan tidak melibatkan mahasiswa dalam proses perancangan aturan

Baca: Begini Isi Aturan Pemakaian Sekretariat Baru

Sementara itu, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Nur Khaerat Nur berdalih, pengambilan kebijakan ini telah dibicarakan di tingkat Prodi, Fakultas, maupun Universitas.

“Tanpa ada penyerapan-penyerapan aspirasi, dan fenomena yang kita lihat, itu tidak mungkin di tuangkan dalam sebuah kebijakan, karena kebijakan lahir berdasarkan fakta dan data yang ada sehingga dituangkan dalam sebuah keputusan,” katanya.

Tidak sampai di situ, Ia juga menambahkan, seperti apapun aturan tersebut tetap harus dijalankan. Sehingga, bagi lembaga kemahasiswaan yang telah siap maka akan diberikan Kantor.

“Yang tidak mau menyepakati atau apa, bagaimana yah saya kira sulit bagi mereka untuk menyesuaikan. Padahal aturan yang dibuat ini itu kepentingan bersama kita semua,” imbuhnya.

Kendati demikian, Bidang kemahasiswaan menyerahkan Senat dan Himpunan untuk berkoordinasi dengan masing-masing Ketua Program Studi (Kaproid). Kemudian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diterima kapan saja jika ingin membicarakan masalah tersebut.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here