Mahasiswa KKN-E Unifa Ajak Masyarakat Manfaatkan SDA

0
157
Pemateri workshop entrepreneur mahasiswa KKN-E VIII Unifa melakukan foto bersama.

KERTASONLINE.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Entrepreneur (KKN-E) Universitas Fajar (Unifa) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan memperkenalkan beberapa alat sederhana di ruang pola kantor Bupati Soppeng, Kamis, 14 September siang.

Kegiatan tersebut tergabung dalam workshop entrepreneur yang merupakan program kerja kabupaten mahasiwa KKN-E Unifa. Workshop tersebut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan SDA di sekitar desa atau kelurahan masing-masing, terutama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk dijadikan produk yang memiliki nilai jual.

Selain itu, masyarakat juga diajarkan bagaimana cara memasarkan produk yang dihasilkan dari pemanfaatan makanan organik dan sumber daya alam.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN-E juga memamerkan beberapa alat sederhana yang dapat digunakan untuk keperluan peternakan dan pertanian seperti alat penetas telur, penanam bibit jagung, traktor mini dan tanaman hidroponik.

Pemateri dari Bumdes Soppeng, Syamsuddin menyerukan, kegiatan yang digelar mahasiswa KKN-E Unifa singkron dengan program Bumdes, yaitu memberikan pelatihan. Sehingga, Bumdes Soppeng sangat mengapresiasi dan bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut.

“Tentunya kami melihat dengan adanya seperti ini, sangat bagus. Pak bupati mengiginkan adanya inovasi yang ada di SKPD sampai di desa dan kelurahan. Lalu akan diakan pendampingan untuk inovasi itu,” terang Syamsuddin.

Dia berharap, ke depannya tetap ada tindak lanjut untuk mengawal masyarakat agar bisa memanfaatkan sumber daya alam di sekitar lingkungannya. Selain itu, Syamsuddin akan menyampaikan ke pimpinan Bumdes bahwa mahasiswa Unifa melakukan kegiatan seperti ini.

“Mudah-mudahan ke depannya ada tindak lanjut untuk kegiatan ini. Mudah2an tahun depan ketika akan diadakan kegiatan seperti ini, kami akan mengundang dosen-dosen dari Unifa atau mahasiswa Unifa,” kata Syamsuddin.

Selain pemateri dari Bumdes, dosen-dosen Unifa yang berkompeten di bidang entrepreneur turut dihadirkan sebagai pemateri. (ans)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here