Lokasi KKN-E Akan Sasar 4 Hingga 5 Kecamatan

0
413
Daftar nama-nama desa tiap kecamatan Se-Kabupaten Soppeng.

MAKASSAR, KERTASONLINE.COM – Koordinator Kuliah Kerja Nyata Entrepreneur (KKN-E) bersama dengan tiga orang panitia lainnya, 5 – 7 Juni lalu telah melakukan peninjauan Lokasi. Rencananya, KKN-E angkatan VIII akan menyasar empat hingga lima kecamatan di Soppeng.

Koordinator  KKN-E, Muhammad Yusuf Ali yang ditemui diruangannya  17 Juni kemarin menyampaikan kalau lokasi KKN-E tergantung dari jumlah mahasiswa yang sudah mendaftar.

“Untuk masalah lokasinya inikan kita tergantung dari jumlah mahasiswanya, jumlah mahasiswa sekarang yang terdaftar dari tiap Prodi itu 329. kita sudah ancang-ancang bahwa ada empat kecamatan. Kalau  itu belum cukup, berarti mungkin lima yang kita sudah rencanakan untuk penempatan mahasiswa KKN-E tersebut,” pungkas Yusuf.

Namun, kata Yusuf pihaknya baru selesai melakukan peninjauan di dua kecamatan dari delapan kecamatan di Soppeng.

“Disana itu ada delapan Kecamatan. Delapan kecamatan itu dibagi lagi beberapa dusun seperti itu. Yang kami sudah tinjau langsung itu Kecamatan Lalabata, Kecamatan Donri-donri, baru dua kecamatan itu yang kita tinjau. Kecamatan lain yang kita lewati itu, juga lihat seperti contohnya kecamatan Mario Riawa serta kecamatan cangadi,” katanya.

Lebih jauh, Yusuf menerangkan kalau Soppeng belum bisa di pastikan akan menjadi lokasi KKN-E tetapi pihaknya telah menetapkan bahwa KKN akan dilaksanakan di Soppeng.

“Untuk masalah penetapan lokasi itu kami dengan LPPM artinya sudah ada kesepakatan untuk kemudian laksanakan KKN itu disoppeng tapi untuk mengenai pastinya dan sebagainya kami belum tau-menau mengenai bagaimana kedepannya. Cuman ini dalam tataran pelaksanaaan itu bupati disana sudah terima kita dan suratnya sudah ada tinggal kita fikskan ke Kecamatan bahwa kita mau KKN di kecamatan ta,”jelas dia.

Yusuf menambahkan, KKN-E tahun ini mengangkat tema Unifa untuk Desa Agro Wisata sehingga mahasiswa di harapkan mampu melakukan pengembangan pertanian dan pariwisata di Soppeng yang difokuskan pada dua titik.

“Saat ini, soppeng itu kan lebih banyak daerah pegunungan dan persawahan serta perkebunan nah dia lebih banyak di wilayah itu. Cuman yang jadi titik point untuk kemudian pengembangan bupati soppeng itu sendiri ada dua. Pertama adalah dari segi pariwisata yang kedua adalah dari segi pertanian. Ini adalah dua point penting yang harus adek-adek KKN lakukan untuk kemudian bagaimana pengembangan pariwisata disana dan pengembangan pertanian sana itu bisa lebih baik dari yang sebelumnya,” tutup Yusuf.

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here