Lewat Seminar FT Unifa Coba Sharing Cara Publishing dan Scientific Writing

0
100
DosenProdiTeknik Kimia Unifa, Ratna Surya Alwi saat memberikan materiPublishing & Scientific Writing kepada peserta Seminar Nasional, di Graha Pena Lantai 1, Kamis, 30 November.

KERTASONLINE.COM- Fakultas Teknik (FT) Universitas Fajar (Unifa) mencoba membagikan Cara Publishing & Scientific Writing melalui Seminar Nasional yang digelarnya di Graha Pena lantai 1, Kamis, 30 November, Sore tadi.

Dosen Program studi (Prodi) Teknik Kimia Unifa, Ratna Surya Alwi, pemateri sekaligus Ketua Panitia, menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan motivasi atau tips-tips kepada dosen atau peneliti yang sedang menulis menu skrip.

“Jadi saya memberikan tipsnya apa saja yang harus jadi kunci dari suatu menu skrip dan kebetulan American Chemical Society (ACS) yakni sponsor acara Seminar Nasional ialah salah satu publisher terbesar di dunia tersebut mempunya jurnal kualitas tinggi jadi high quality di mana pada jurnal-jurnalnya itu terdiri dari penulis-penulis yang sudah mendapatkan Nobel, “ kata Ratna.

Sementara itu, Ratna yang juga satu dari empat scientist yang dipilih ACS mewakili Indonesia untuk membimbing dalam penulisan menu skrip mengungkapkan, kalau dirinya memang perlu membagikan ilmunya kepada negaranya.

“Jadi itu target saya harus seratus peserta yang harus saya bimbing, bagaimana saya membimbing dia supaya dia bisa menulis menu skrip dengan baik,” singkat dia.

Menyangkut hal itu,  salah satu peserta Seminar Nasional, A. Muh Irfan Taufan Asfar, Dosen Matematika, STKIP Muhammadiyah Bone menganggap, seminar itu cukup bagus karena mengajarkan bagaimana cara mempublish.

“Terlebih lagi saat ini kita dituntut untuk jurnal International yang mana kita harus mampu mengetahui apa langkan-langkah dan trik yang kita gunakan untuk go International, ” ungkap Irfan.

Di lain sisi,  berbeda dengan Irfan, mahasiswa Pascasarjana Teknik Informatika Universitas Hasanuddin, Arham arifin menyampaikan, kalau seminar ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studinya.

“Pemateri-pemateri membawakan materinya juga bagus, intinya bermanfaat bagi yang ingin menulis jurnal, jadi sangat membantu untuk dijadikan referensi,” pungkasnya.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here