Lewat Dialog UKM Pers Unifa Ulas Problematika Aturan Sekretariat, Begini Hasilnya

0
118

KERTASONLINE.COM – Berangkat dari problematika aturan sekretariat yang menuai dilema bagi mahasiswa di Universitas Fajar (Unifa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Unifa mengulasnya melalui dialog kemahasiswaan yang diselenggarakan di Pelataran Unifa, Sabtu, 4 Agustus.

Pasalnya, ada beberapa poin dari aturan yang telah ditetapkan pihak birokrasi Universitas Fajar (Unifa) dan Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang (YPFUP) yang masih tidak disetujui oleh Lembaga Kemahasiswaan, terkhusus pada aturan jam malam.

Dalam dialog tersebut, UKM Pers menghadirkan Rektor Unifa, Prof. Sadly Abdul Djabar MPA dan Deputi Rektor lll, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Khaerat Nur sebagai perwakilan dari Birokrasi Unifa, serta masing-masing perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan UKM.

Aswar Karim, Ketua Umum UKM Sport Unifa, berpendapat bahwa aturan jam malam tersebut menurutnya membatasi aktivitas mahasiswa. Dia menyarankan agar aturan jam malam setidaknya diberikan kebijakan hingga pukul 10 malam.

“Mengingat kegiatan akademik dilakukan dari pagi hingga sore hari, kalau batas waktu yang diberikan hanya sampai pukul delapan malam, itu tidak akan cukup untuk melaksanakan kegiatan organisasi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Khaerat menjelaskan bahwa aturan tersebut dibuat, justru untuk menunjang aktivitas organisasi dan menciptakan sebuah solusi dari pelbagai masalah yang terjadi sebelumnya, bukan menciptakan masalah.

“Kegiatan itu bisa dikerjakan sampai pukul 8 malam, tergantung dari adik-adik, bagaimana bisa menghasilkan program kerja dengan mampu memanage waktunya. Kebebasan berekspresi tidak dilarang namun yang perlu dibatasi adalah kegiatannya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi,” katanya.

Kendati demikian, dialog tersebut lagi-lagi tidak menghasilkan solusi. Seperti yg dikatakan Khaerat diakhir dialog, bahwasanya aturan jam malam tidak akan diubah. begitupun dengan mahasiswa yang masih bersikukuh dengan keinginannya mengubah aturan jam malam.(Ihs)

Editor : Yustika Jauhari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here