Kapolda Sulsel: Utamakan Budaya dan Kearifan Lokal

0
125

KERTASONLINE.COM – Pelbagai problematika kini terjadi di lingkungan sosial. Sebagai agen of change, mahasiswa berperan penting menyikapi hal tersebut, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Pandangan tersebut mengemuka pada kuliah umum bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, dengan tema “Peran Polri dan Mahasiswa dalam Menjaga Kamtibmas”, di Balroom Unifa, Kamis, 25 Oktober.

Umar menyebutkan, ada pelbagai masalah yang saat ini dihadapi oleh masyarakat, seperti narkoba, terorisme, perkelahian, hingga konflik sosial. Kata dia, untuk mengatasi itu perlu menggunakan budaya dan kearifan lokal masyarakat, khususnya di Sulsel.

“Sipakatau (saling menghargai), Sipakalebbi (saling melebihkan) dan Sipakainga (saling mengingatkan). Selain itu pendekatan kepada Tuhan melalui Ibadah dan memiliki rasa empati dengan kesulitan rakyat, serta memiliki kecerdasan emosional,” urainya.

Mahasiswa Unifa, lanjutnya, punya peran dalam mewujudkan hal tersebut. Mesti bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Dengan meningkatkan ibadah, bijak dalam menggunakan media sosial, menghindari konten-konten intoleransi dan radikal, yang sebaiknya mengisi waktu dengan kegiatan positif,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unifa, Prof Sadly Abdul Djabar, mengatakan, masalah keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas kepolisian. Akan tetapi, persoalan itu merupakan tugas bersama sebagai warga negara.

“Kita sebagai individu-individu mempunyai kewajiban untuk memelihara keamanan dan ketertiban kita masing-masing. Di rumah, di lingkungan, sehingga secara tidak langsung membantu polri untuk membina masyarakat yang aman dan tertib,” ucapnya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here