Kali Ini, Peserta KKN-E Lakukan Pembekalan Sekaligus Pelepasan

0
149
Pembekalaan sekaligus pelepasan mahasiswa Unifa peserta KKN-E angkatan VIII, di Ballroom Graha Pena Lantai 1, Sabtu, 5 Agustus.

KERTASONLINE.COM – Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata Entrpreneur (KKN-E) Universitas Fajar (Unifa) angkatan sebelumnya, kali ini H-2 pemberangkatan peserta KKN-E angkatan VIII melakukan pembekalan dan pelepasan secara sekaligus di Ballroom Graha Pena Lantai 1, Sabtu, 5 Agustus.

Koordinator KKN-E, Muhammad Yusuf Ali mengatakan, karena jarak lokasi KKN-E yang akan ditempuh cukup jauh, maka pembekalan dan pelepasan dilakukan secara bersamaan.

“Beda sekarang, jadi langsung berangkat saja tidak ada istilah seremoni lagi. Kita langsung saja arahkan adek-adek mahasiswa untuk berangkat ke Soppeng dan jarak tempuh di sana 4-5 jam. Kalau kemarin yang dilakukan itu kenapa sampai kemudian tidak langsung pelepasan itu karena lokasi KKN yang kita tempuh itu tidak terlalu lama,” jelas Yusuf.

Lanjut kata Yusuf, sebelum dilakukan pelepasan, peserta KKN-E terlebih dahulu mengikuti pembekalan dengan beberapa muatan materi didalamnya.

”Materi-materi yang akan diberikan kepada adek-adek mahasiswa yaitu masalah KKN Entrepreneur, peran Perguruan Tinggi, aturan-aturan atau format-format yang harus dilakukan mahasiswa di lapangan contohnya membuat jurnal, penulisan informasi atau berita, dan terakhir bagaimana melihat potensi  yang  kemudian dikembangkan,” tambahnya.

Dalam pembekalan, Dr. Nur Khaerat Nur, S.T, M.T yang memberikan materi peran perguruan tinggi menyampaikan bahwa setidaknya mahasiswa mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat Desa  yang memiliki anggaran namun tidak siap untuk pengelolaannya.

“Maka dari itu, untuk membuat program itu bisa berhasil tentunya harus siap dalam penerapan sebuah program,” singkat Nur Khaerat.

Dilain sisi, Yusuf juga menambahkan kalau mahasiswa yang akan diberangkatkan, Senin, 7 Agustus mendatang harus menpersiapkan diri dengan kondisi yang ada dilapangan.

“Adek-adek mendapatkan lingkungan baru itu harus ada proses adaptasi yang dilakukan  untuk kemudian mereka bisa bergaul dengan masyarakat. Pertama adalah kondisi fisik bagaimana kemudian mereka bisa menerima itu.,” pungkasnya.

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here