Ingin Garap Tabloid, Peserta DJD Lakukan Praktek Langsung

0
200
Peserta Diklat Jurnalistik Dasar (DJD) Ke-IX Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Fajar (Unifa) saat sedang terjun langsung ke lapangan untuk melakukan proses wawancara. Sabtu, 2 Desember di Benteng Somba Opu.

KERTASONLINE.COM – Hari kedua Diklat Jurnalistik Dasar (DJD) Ke-IX yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Fajar (Unifa), Sore tadi, Sabtu, 2 Desember di Benteng Somba Opu melakukan praktek langsung ke lapangan dalam rangka penggarapan tabloid.

Pembuatan tabloid tersebut bertujuan untuk mengajarkan para peserta bagaimana mengaplikasikan setiap materi jurnalistik yang telah diberikan selama berada di lokasi.

“kita buatki penggarapan tabloidnya secara kelompok, nah itu kita mau lihat sejauh mana pemahamannya setelah dia diberikan materi-materi. Apakah setelah kita berikan materi tersebut para peserta berhasil atau paham  dengan apa yang kita berikan,” jelas Ketua Panitia, Yustika Jauhari.

Lebih lanjut, Amrina selaku kordinator acara menerangkan bahwa, calon anggota baru yang tabloidnya berhasil memenuhi kriteria maka akan mendapatkan penghargaan dari panitia pelaksana.

“Setelah selesai tabloidnya kita akan  menilai dari juara satu sampai tiga dan bakalan ada hadiahnya dari panitia. Nah, dalam penilaiannya ini dilihat itu dari segi bagaimana dia desain dan tata letaknya tabloid, bagaimana isi  dari tabloidnya, terus itu perwajahan tabloidnya bagaimana, disitu ada beberapa point yang bisa diisi, dari segi itu tadi yang saya sebutkan nah, tim penilai itu tentunya akan mempertimbangkan mana-mana  yang memang pantas mendapatkan juara 1, 2 dan 3,” terangnya.

Berangkat dari hal itu, peserta DJD, Sultan Akbar mengapresiasi kegiatan tersebut. Baginya, ini salah satu moral sebagai mahasiswa serta dijadikan wadah untuk bisa beradaptasi secara langsung dengan masyarakat.

“Ini salah satu moral sebagai mahasiswa terutama sebagai mahasiswa pers, bagaimana yang diajarkan oleh kakak-kakak pembina di dalam ruangan. Salah satu apresiasi saya sendiri sebagai salah satu dari sekelompok teman-teman yang langsung terjun ke lapangan, tepatnya di benteng somba opu, saya merasa banyak hal yang bisa diketahui sebagai seorang reporter, terutama dikalangan kita sebagai mahasiswa,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda yang diungkapkan Sultan, Aida yang juga salah satu peserta DJD menilai, turun langsung mengaplikasikan materi yang didapatkan merupakan suatu kegiatan yang baik dilakukan.

“Kalau menurut saya kegiatan turun langsung kelapangan ini sangat baik karena nda mungkin kan kita cuman terima materi tanpa terjun langsung ke lapangan . Jadi kita bisa tahu bagaimana caranya terjun langsung ke lapangan mewawancarai orang, dimana mewawancarai orang tidak semudah apa yang kita pikir tadi,” bebernya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here