Industri 4.0 Dorong Sarjana Buka Lapangan Pekerjaan

0
81
Pemaparan materi yang bertema "Entrepreneurship 4.0" oleh Sekretaris MPD DPD Partai Demokrat Sulsel, Andri Arif Bulu, dalam kegiatan Masa Orientasi Dunia Kerja (Moda), di Ballroom Universitas Fajar (Unifa), Selasa, 2 Oktober

KERTASONLINE.COM – Era revolusi industri 4.0 membuka berbagai macam lapangan pekerjaan. Namun kondisi ini, justru memperketat persaingan di dunia kerja. Mahasiswa pun didorong memiliki bekal entrepreneurship atau kewirausahaan sebagai alternatif.

Sekretaris MPD DPD Partai Demokrat Sulsel, Andri Arif Bulu menegaskan, mahasiswa jangan hanya fokus untuk mencari pekerjaan. Mahasiswa juga harus memikirkan bagaimana membuka lapangan pekerjaan, dengan menjadi seorang pengusaha.

“Untuk bisa menjadi pengusaha, tidak mesti harus punya latar belakang terlebih dahulu, semua orang punya bakat menjadi pengusaha. Semua bisa, yang penting mindset terbuka, gunakan potensi atau sumber yang ada,” jelasnya saat membawakan materi dengan tema “Entrepreneurship 4.0” pada Masa Orientasi Dunida Kerja (Moda) kepada calon wisudawan Universitas Fajar (Unifa), Selasa, 2 Oktober.

Andri menekankan, ada berbagai prinsip agar bisa menghadapi Era 4.0 ini. Di antaranya yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja ikhlas, ketahanan, doa, sedekah dan silaturrahmi.

Salah seorang calon wisudawan, Utary mengatakan, ada banyak hal yang didaptkan dari kegiatan ini. Tak hanya tips-tips menghadapi revolusi industri 4.0, tetapi juga prinsip-prinsip dalam dunia kerja.

“Salah satunya adalah ketahanan mental dalam menghadapi pola industri 4.0. agar siap bertahan di dunia kerja. Jadi jangan terpaku untuk menjadi pegawai, kita sebagai generasi muda perlu menunjukkan kreatifitas diri dalam membangun usaha sendiri,” pungkas mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi itu.

Editor: Yustika Jauhari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here