KERTASONLINE.COM – Pemenang Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah diumumkan. Tiga  hasil karya mahasiswa Univeristas Fajar (Unifa) berhasil lolos menjadi pemenang.

Deputi Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Khaerat Nur menyampaikan, sebelumnya ada 18 proposal PKM yang dikirim dan kemudian tiga diantaranya terpilih serta berhak mengikuti seleksi pada tahap Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan tahun ini.

Adapun Judul ketiga proposal itu yakni, Bikin Rapuh ( Abon Ikan Asin Kerapuh) inovasi olahan ikan dengan daya jual tinggi sebagai peluang bisnis baru, Aplikasi Mikrosimbions Spons Laut sebagai Biomaterial Baru Pereduksi Toksisitas Logam Berat dan Implitasi Klorida Terhadap Kekuatan Beton SCC yang Terendam Air Laut dengan Menggunakan Metode Perkuatan GFRP-S pada Daerah Lentur.

Pencapaian yang terbilang tidak mudah tersebut, kata Nur Khaerat, maka dari itu Unifa akan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada tim yang telah bekerja keras.

“Tentunya tim yang menang ini kita berikan terus semangat agar tidak hanya meluluskan saja tetapi bisa sampai ke Pimnas di Yogyakarta. Karena PKM ini menjadi pemicu semangat mahasiswa lainnya pada umumnya untuk ikut berpartisipasi dalam karya,” pungkas dia.

Selain itu, ia juga menambahkan tolak ukur kualitas suatu Perguruan Tinggi (PT) bisa dinilai dari banyaknya karya yang dihasilkan mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kita harapkan animo mahasiwa itu meningkat untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya ilmiah. Bukan hanya sekadar membuat kegiatan yang sifatnya hedonis atau hiburan tetapi lebih kepada menghasilkan sebuah karya lewat penelitian dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat serta orang banyak,” imbuhnya.

Kendati demikian, Nur Khaerat belum bisa membeberkan mengenai seperti apa bentuk penghargaan yang akan diberikan. Tetapi hal itu akan dibicarakan hari ini, Kamis, 5 April bersama dengan Rektor Unifa, Prof. Sadly Abdul Djabar MPA dengan mengundang mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam PKM tersebut.

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here