KERTASONLINE.COM – Lebih banyak menggunakan handphone di era digital. Hal itu kini menjadi tidak asing lagi dikalangan pelajar. Mulai dari mengunggah foto hingga video di media sosial.

Terkait itu, melalui Diklat Jurnalistik Putih Abu-abu yang diadakan di Rumah Adat Mandar Benteng Somba Opu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Fajar (Unifa) mencoba mengajarkan bagaimana menghasilkan video yang kreatif serta informatif melalui materi videografi.

“Karena sekarang jamannya orang digital, lebih banyak menggunakan handphone ketimbang baca koran. Jadi video-video kreatif seperti itu tidak hanya sekedar video kreatif, tapi ada konten yg bisa menjadi informasi, sesuai dengan komposisi gambar, bagaimana membuat video itu bercerita, informatif dan menarik,” ujar Fajar Abu Thalib yang ditemui usai membawakan materi videografi, Jumat, 23 Maret.

Tidak hanya dari segi isi yang diajarkan, namun teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamera secara benar pun juga turut diberikan.

“Anak SMA cenderung membuat video-video di instagram, tapi mereka tidak punya dasar untuk membuat video menjadi menarik untuk ditonton,” jelas Fajar.

Salah satu peserta, Muh. Taufik mengaku bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat baginya. Pasalnya, dia bisa mendapatkan banyak pengetahuan lebih mengenai videografi yang berkaitan dengan jurnalistik.

“Sebelumnya saya tidak tahu bgaimana cara mengambil gambar yang bagus, dan bagaimana cara membuat berita, jadi karena acara ini saya bisa menguasai lebih dalam untuk bagaimana cara dapat objek yg lebih bagus atau cara menggunakan kamera, mengedit secara langsung di kamera dan masih banyak skali,” ungkap siswa SMK 5 Makassar itu. (fit)

Editor : Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here