Guru Besar Unhas Sebut Perabot Rumah Ini Bisa Merusak Lingkungan

0
433
Guru Besar Unhas, Prof W.I.M, Poli, saat menyampaikan terkait Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan pada Seminar Pendidikan dalam kegiatan Extreme Mind Festifalse, di Gedung Lantai 3 Unifa, Rabu, 28 Maret.

KERTASONLINE.COM – Tidak bisa dipungkiri dari tahun ketahun kondisi lingkungan alam berada dalam kondisi kritis. Hingga Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) pun mengakui bumi pertiwi Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Melalui Seminar Pendidikan yang merupakan rangkaian ketiga dari kegiatan Extreme Mind Festifalse dengan bertemakan Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan Alam itu, Prof W.I.M, Poli mengatakan pelestarian terhadap lingkungan sangat perlu dilakukan.

“Hal-hal kecil lain yang cukup berpengaruh pada kerusakan lingkungan yaitu perabotan rumah. Seperti AC, Tv, kulkas. Semua itu menghasilkan gas chlorofluorocarbon. Maka Harus ada usaha yang sadar untuk mengembalikan lingkungan alam, sebagai ibu pertiwi yang memberikan kehidupan yang berkelanjutan,” kata Prof Poli.

Disela-sela materinya, Ia juga menyampaikan, Pendidikan merupakan salah satu alat yang dapat dibentuk untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan. Namun dengan syarat ada sejumlah orang yang mau berperan di dalamnya.

“Gunakan apa yang ada padamu, jangan apa yang tidak ada padamu. Apa yang ada, mulailah dengan hal yang kecil maka anda akan meningkat kemampuannya karena kalau langsung besar pasti akan gagal,” jelasnya.

Sementara itu, di sisi lain, Ketua Panitia, Rusli turut menjelaskan demi memperbaiki dan merombak kerusakan lingkungan yang telah terjadi. Maka dipandang perlu peningkatan kualitas pendidikan harus dikembangkan.

“Yang melandasi kerusakan-kerusakan semua ini adalah pendidikan mulai dari kerusakan alam, kerusakan bergesernya nilai adat dan budaya. Landasan utamanya ini adalah pendidikannya, karena seandainya bagus cara berfikir ideolaginya itu pasti bagus hasilnya,” tandas Rusli.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here