Gelar DJD X, UKM Pers Unifa Kenalkan Ilmu Jurnalistik

0
199
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Fajar (Unifa), saat sedang melakukan acara pembukaan Diklat Jurnalistik Dasar (DJD) X, Minggu, 6 Januari di Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

KERTASONLINE.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Universitas Fajar (Unifa) kembali menggelar Diklat Jurnalistik Dasar (DJD) Angkatan X sebagai tahap akhir sebelum disahkan menjadi anggota baru. Kegiatan itu, dimulai sejak Minggu, 6 hingga 8 Januari, di Rumah Adat Luwu, Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Sebanyak 16 peserta akan diberikan delapan materi di antaranya, Sejarah UKM Pers, Redaksional, Pers Mahasiswa, Penulisan Berita, Foto Jurnalistik, Teknik Reportase dan Wawancara, Desain Grafis dan Tata Letak, Jurnalistik dan Pers.

Menurut Ketua Panitia DJD, Syukur Alfajri, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada para calon anggota baru UKM Pers terkait ilmu jurnalistik.

“Jadi di sini kita berikan delapan materi tentang lembaga dan redaksi, supaya teman-teman anggota baru tahu mekanisme yang ada di UKM Pers dan sebagai acuannya mereka ke depan untuk melakukan kerja jurnalistik,” ujarnya.

Terkait hal itu, Ketua Umum UKM Pers Unifa, Yustika Jauhari, berharap, materi yang diberikan bisa menjadi pengantar sehingga dapat diaplikasikan langsung saat terjun ke lapangan.

“Ini kan hari pertama DJD, masih fokus pada penerimaan materi untuk para peserta, berharap mereka dapat menyerap dan mengaplikasikan materi-materi tersebut di lapangan dengan baik,” katanya.

Bukan hanya itu, setelah penerimaan materi, nantinya peserta akan diarahkan membuat karya bulletin untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan mereka setelah diberikan materi. (Ihs/*)

Editor: Yustika Jauhari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here