Dua Mahasiswa Unifa Terpilih jadi Duta Anti Hoaks Wakili Kota Makassar

0
241
Redaktur Indonesiana, Istiqomatul Hayati memberikan alasan terpilihnya kedua Duta Anti Hoax, Rabu, 23 Me di Ballroom Unifa.

KERTASONLINE.COM – Tempo Goes To Campus (TGTC) yang diselenggarakan oleh Tempo Institute dengan Tema “Lawan Kabar Kibul” di Ballroom Universitas Fajar (Unifa), telah memilih Dua Duta Anti Hoaks, Rabu, 23 Mei.

Dirham dan Heldayanti, Duta terpilih perwakilan Mahasiswa Makassar. Keduanya merupakan Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Unifa.

Dari situ, selanjutnya mereka akan ikut bergabung dalam acara tahunan “Tempo Media Week” yang  diadakan di Jakarta pada awal November 2018 mendatang.

Menurut penjelasan Martin Rambe, Perwakilan Tempo Institute mengatakan,  layaknya kampanye yang dilakukan oleh 22 duta dari 11 kota, mereka pun akan melakukan hal yang demikian.

“Kita akan fasilitasi mereka, apa yang mereka butuhkan untuk kampanye tersebut kita akan koordinasi dan apa yang mereka butuhkan kita akan bantu dari Jakarta, kemudian nantinya mereka akan melaporkan progres apa yang mereka kerjakan itu pada acara Tempo Media Week,” bebernya.

Melalui ide yang telah dipaparkan seperti membuat falshmob, lomba berburu berita hoaks, juga pelatihan jurnalistik, keduanya berharap agar masyarakat bisa lebih memfilter diri dari pelbagai informasi yang diterima.

“Semoga kami bisa mengemban tugas ini dengan baik. sebab, kabar kibul dampaknya begitu buruk. Jadi kami upayakan bisa mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut melawan berita bohong atau hoaks yang hanya akan menimbulkan pelbagai dampak negatif,” ucap Helda.

Tidak jauh berbeda dengan yang dikatakan Helda,  secara pribadi Dirham berharap agar dirinya bisa melawan berita hoaks dan mengkomunikasikan mengenai dampak yang nantinya dapat ditimbulkan.

“Karena berita hoaks sendiri kalau tidak di lawan atau cegah sejak dini bisa menjadi media yang merusak bangsa secara signifikan,” kata Dirham.

Editor: Nurparamadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here