Body Shaming Menimbulkan Depresi Hingga Bunuh Diri

0
662
Tampak peserta Talkshow saat sedang menerima materi dari Demisioner Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), Irwan Sakkir, di Ballroom Unifa, Senin, 4 Februari.

KERTASONLINE.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Fajar (Unifa), menyelenggarakan Talkshow yang merupakan tugas final matakuliah Psikologi Komunikasi dengan tema ” Ciptakan Generasi Muda yang Sadar Akan Bahaya Body Shaming” di Ballroom Unifa, Senin, 4 Februari.

Demisioner Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), Irwan Sakkir, mengatakan, efek yang ditimbulkan dari body shaming mempunyai sisi positif dan negatif.

“Mulai dari penampilan bentuk tubuh yang bisa membuat orang depresi sampai ke potensi bunuh diri,” ujarnya saat menyampaikan materi.

Kata Dia, dampak positifnya bisa saja jadi motivasi bagi seseorang.

“Ya untuk orang yang cerdas mungkin bisa memotivasi diri dan membuat sesuatu yang baru demi merubah dirinya dari segi penampilan,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Pelaksana, Dafa Ainur, menyampaikan, sadar akan body shaming begitu penting, apalagi dengan melihat realita kehidupan baik di dunia maya maupun nyata saat ini.

“Banyak dari kita yang sudah tidak sadar telah melakukan body shaming, atau istilah yang merujuk pada kegiatan mengkritik dan mengomentari secara negatif fisik atau tubuh diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Psikologi Atma Jaya, Giberta Permata Mahanani berharap, agar acara itu bisa bermanfaat.

“Acaranya sih seru, temanya bagus dan mudah-mudahan bisa bermanfaat juga, terus makin sadar juga tentang body shaming,” harapnya. (afn/*)

Editor: Fitriani

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here