Batas Pengumpulan Berkas Beasiswa PPA Terbilang Singkat, Begini Alasannya

0
231

KERTASONLINE.COM – Pendaftaran beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik telah dibuka sejak, Selasa, 5 Juni lalu.

Beasiswa yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti itu, hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimum 3.0.

Tidak bisa dipungkiri, bentuk apresiasi seperti itu begitu dinantikan oleh kalangan mahasiswa. Namun tahun ini, bukan malah menjadi semangat, justru menjadi keresahan beberapa mahasiswa di Universitas Fajar (Unifa).

Keresahan tersebut diakui salah satunya mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Strata Satu (S1), berinisial Br mengatakan, ia merasa kurang bersemangat adanya beasiswa PPA ini. Pasalnya, rentan waktu yang diberikan untuk mengurus berkas sangat singkat hanya sampai hari ini, Sabtu, 9 Juni.

“Batas pengurusannya itu singkat sekali, biar bagaimana semangatku awalnya, kalau ku tau begitu langsung ka putus asa,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Staf Biro Kemahasiswaan, Al Danisi Salman menjelaskan, informasi beasiswa PPA awalnya sudah ada pada 2 Juni lalu. Tapi karena sistem sedikit bermasalah yakni adanya persyaratan tambahan. Sehingga untuk menghindari pengurusan berkas dua kali, informasinya tidak disebarkan terlebih dahulu.

“Kalau masalah waktunya mepet, saya pikir persyaratannya tidak sulit ji, biar sehari mungkin bisa dan asal kita niat. Karena kebanyakan persyaratannya itu diurus di kampus, sisanya beberapa itu dari rumah. Jadi kembali ke mahasiswanya lagi, kalau memang mau kenapa mempersulit diri,” jelas Didan begitu sapaan akrabnya.

Sementara itu, berbeda dengan tahun sebelumnya, batas kuota yang diberikan oleh Kopertis tahun kemarin sebanyak 36 orang. Namun tahun ini menurut pedoman kuota awal hanya 34 orang yang nantinya akan dibagi rata pada setiap Program Studi (Prodi). Di mana tiga mahasiswa untuk Prodi S1 dan dua dari Prodi Diploma Tiga (D3) yang akan di umumkan Juli hingga Agustus mendatang.

“Seandainya kuota 36 kita bisa bagi tiga. Tapi ini masih sementara, siapa tahu ada tambahan supaya kita bisa filter juga, namun pada saat filternya ini kami tidak sendiri, kami mengupload data yang nanti di kirim oleh Kopertis, dan kita akan sama-sama bisa melihat keputusannya,” tambahnya.

Editor : Heldayanti

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here